CEK KEMASAN SEBELUM MEMBELI OBAT, INI CARANYA!

Saat ini produk obat-obatan bisa didapatkan dengan mudah. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa sembarangan memakai obat yang dijual bebas tersebut. Pastikan Anda memeriksa obat tersebut apakah sudah aman atau belum. 

Sebagai konsumen, tentunya Anda harus selalu teliti saat memilih obat-obatan. Karena jika salah bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan merekomendasikan cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa keamanan dan keaslian produk yang Anda beli, yaitu dengan melakukan cek KLIK. Yuk simak selengkapnya!

Kemasan

Hal pertama yang bisa Anda periksa saat membeli obat adalah kemasannya. Pastikan kemasan obat yang Anda beli dalam kondisi yang baik, yaitu tidak sobek, tidak luntur, berlubang, ataupun pudar.

Label

Selalu periksa kembali label obat yang Anda beli, meskipun Anda mendapatkannya di tempat yang sama. Setiap obat harusnya memuat beberapa informasi seperti nama produk, komposisi, kategori obat (misalnya analgesik, dekongestan, atau antihistamin), dosis, cara penyimpanan, peringatan bagi kondisi penyakit tertentu, dan informasi lainnya. 

Izin Edar

Saat mengkonsumsi obat-obatan, pastikan produk yang Anda gunakan telah memiliki izin edar dari BPOM. Biasanya obat-obatan yang telah mengantongi izin edar akan mencantumkan nomor registrasinya. Anda bisa memeriksanya ke laman website BPOM untuk memastikan apakah produk yang Anda beli sudah terdaftar.

Kadaluarsa

Selalu amati tanggal kadaluarsa saat membeli produk ya Sobat Sehat! Mengkonsumsi obat yang telah lewat masa kadaluarsanya sangat berbahaya dan berisiko tinggi karena bisa jadi khasiat obat telah berkurang atau telah mengalami perubahan proses kimia tertentu yang berbahaya.


Selain beberapa cara tersebut, pastikan Anda mendapatkan produk obat di tempat yang telah terjamin keasliannya. Misalnya seperti di Apotek K-24 yang selalu menjamin keaslian produk yang disediakannya. Selain terjamin 100% asli, Apotek K-24 pun selalu hadir selama 24 jam termasuk di hari libur.


Source:

BPOM