MENGENAL KONDISI KOMA, APA YANG TERJADI PADA TUBUH?

Sobat Sehat pernah membayangkan berada dalam kondisi koma? Ada yang bilang koma merupakan kondisi saat seseorang tertidur dalam waktu yang lama. Faktanya, seseorang yang mengalami koma tidak bisa merespon rangsangan apapun, meskipun rangsangan tersebut terasa menyakitkan.

Koma berbeda dengan tidur ataupun pingsan. Kondisi ini terjadi akibat adanya kerusakan di salah satu bagian otak, baik sementara bahkan permanen. Penyebabnya pun bisa beragam, misalnya seperti stroke, cedera berat di kepala, infeksi, bahkan tumor. Mengidentifikasi penyebab koma sangatlah penting bagi dokter agar bisa menentukan langkah pengobatan yang harus dilakukan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh dokter untuk mengembalikan kondisi seseorang yang mengalami koma. Misalnya seperti mencegah pembengkakan pada otak, menyedot cairan, menyuplai oksigen untuk mencukupi kebutuhan tubuh, juga memperbaiki dan mengobati bagian jaringan yang rusak.

Meskipun berada dalam kondisi tidak sadar, sebagian besar pasien koma masih mampu untuk bernapas secara spontan. Meski begitu, penderita yang mengalami koma tidak bisa merespon lingkungannya sama sekali. Penderita tidak dapat melakukan gerakan, suara, atau membuka mata. Tidak seperti pingsan yang hanya terjadi sementara, penderita koma dapat mengalami penurunan kesadaran dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Bahkan dalam waktu yang lama.

Pasien koma masih memiliki peluang untuk sembuh, tergantung dengan tingkat aktivitas otak. Saat seseorang tersadar dari koma, perlahan ia akan menyadari kondisi yang sebenarnya dan menerima rangsangan seperti sentuhan ataupun rasa sakit.

Koma merupakan kondisi darurat medis yang perlu segera ditangani oleh dokter. Kondisi ini bisa terjadi dengan bertahap atau terjadi secara seketika. Karenanya, segera hubungi dokter jika mengalami kecelakaan terutama jika ada benturan di kepala. Selain itu, lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter jika Anda memiliki penyakit yang berisiko menimbulkan koma, seperti diabetes.



Source:

Dilansir dari beberapa sumber