STRESS KARENA TERLALU BANYAK INFORMASI SOAL PANDEMI? YUK KELOLA STRESS DENGAN CARA INI!

Adanya media sosial memang memudahkan orang untuk menjangkau informasi, apalagi di masa pandemi ini. Namun hoaks dan kabar negatif pun bisa bertebaran di tengah informasi yang ingin kita cari. Padahal, jika terlalu banyak mendapatkan informasi negatif, seseorang bisa terkena gangguan kesehatan mental seperti stress, cemas, hingga depresi.

Karenanya, mengetahui cara mengkonsumsi berita yang sehat untuk mengelola stress merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Terlalu banyak mengkonsumsi informasi negatif bisa menstimulasi tubuh untuk menghasilkan hormon stress yang bisa merusak daya tahan tubuh. Padahal, kekebalan tubuh sangat penting untuk kita jaga agar tidak mudah terserang penyakit di masa pandemi ini.

Berikut ini merupakan cara mengkonsumsi informasi yang sehat yang bisa Anda coba untuk terapkan. Jangan lupa disimak ya Sobat Sehat!

Batasi Waktu Untuk Mencari Informasi

Dilansir dari CNN Indonesia, WHO menyarankan kita untuk membatasi waktu untuk memperoleh informasi agar yang kita dapatkan tidak berlebihan. Dalam sehari, setidaknya kita memiliki waktu sebanyak 30 menit untuk mencari informasi. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan jiwa, karena intensitas yang tidak terlalu sering bisa mencegah paparan informasi negatif.

Hindari Mencari Informasi di Malam Hari

Selain itu, WHO pun juga menyarankan kita untuk mencari informasi di malam hari. Hal ini disebabkan karena informasi negatif di malam hari bisa mempengaruhi waktu dan kualitas tidur yang bisa berpengaruh pada meningkatnya stress.

Anda bisa mencari informasi dua kali sehari pada waktu pagi atau sore hari, namun sebaiknya tidak pada malam hari agar tidak mengganggu waktu tidur.

Cari Sumber yang Terpercaya

Saat mendapatkan sebuah informasi, sebaiknya Anda tidak mempercayainya secara langsung. Jangan lupa untuk selalu memilih sumber yang terpercaya, misalnya seperti media massa yang faktual atau informasi resmi dari pemerintah. Jika informasi yang Anda peroleh tidak berasal dari sumber yang resmi, kemungkinan besar informasi tersebut merupakan hoaks.

Perbanyak Informasi Positif

Sebaiknya Anda selalu seimbangkan paparan informasi dengan memperbanyak asupan informasi yang positif. Selain itu, saat mendapatkan informasi negatif, sebaiknya Anda menyikapinya dengan waspada dan tidak panik.

Terlalu banyak mendapatkan paparan informasi memang bisa mengganggu pikiran seseorang. Sebaiknya, selalu seimbangkan dengan melakukan kegiatan positif dan menyenangkan misalnya seperti melakukan hobi yang Anda sukai. Jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh.



Source:

CNNIndonesia.com