PENTING! 5 TIPS TINGKATKAN IMUN TUBUH DI ERA NEW NORMAL

Memasuki era new normal membuat kita harus memiliki daya tahan tubuh yang prima agar tidak mudah terserang penyakit bahkan infeksi Covid-19. Apalagi saat ini belum ditemukan obat atau vaksin yang benar-benar bisa mengatasi virus ini.

Dilansir dari Detik Health, dr. Reisa Broto Asmoro yang merupakan Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini mengingatkan pada masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan olahraga teratur. Berikut ini merupakan beberapa tips dari dr. Reisa yang bisa Anda simak untuk menjaga daya tahan tubuh:

Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu komponen asupan tubuh yang harus dipenuhi. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Kandungan gizi makanan ini bisa Anda dapatkan dari nasi, jagung, kentang, sagu, atau umbi-umbian.

Cukupi Kebutuhan Protein

Protein memiliki peran penting dalam mengatur metabolisme tubuh sehingga bisa menjaga kekebalan tubuh menjadi lebih optimal. Protein bisa bersumber dari hewan atau nabati seperti kacang-kacangan, daging, telur, ayam, ikan, dan lain sebagainya.

Jangan Lupa Sayur dan Buah

Sayur dan buah-buahan memiliki banyak kandungan vitamin, serat, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh, apalagi saat menghadapi pandemi seperti saat ini. Untuk menjaga daya tahan tubuh, menurut dr. Reisa vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin A, B kompleks, C, D, dan E. Selain itu juga kandungan mineral seperti zinc, selenium, dan zat besi.

Konsumsi Delapan Gelas Air Per Hari

Sebagian besar tubuh kita merupakan air, sehingga jika kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan masalah kesehatan. Karenanya, sebaiknya Anda memenuhi asupan harian air yaitu sebanyak delapan gelas air per hari agar tidak dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Rutin Olahraga

Rutin berolahraga pun bisa memperkuat daya tahan tubuh. Karena olahraga bisa menurunkan hormon stress sehingga bisa memberikan kekuatan tambahan pada sistem kekebalan tubuh. Meski begitu, Anda tidak perlu olahraga yang terlalu berat dan sebaiknya sesuaikan olahraga dengan kemampuan tubuh juga dilakukan secara rutin dan teratur.


Source:

Health.detik.com