VIRUS CORONA JUGA BISA MENULAR LEWAT MATA, BEGINI CARA MENCEGAHNYA

Tidak hanya bisa menular melalui cairan yang keluar dari mulut dan hidung, Covid-19 juga bisa menular melalui mata. Untuk mencegah penularan melalui mata, Anda bisa menerapkan sejumlah protokol proteksi. 

Dilansir dari CNN Indonesia, menurut jurnal medis yang dipublikasikan oleh The Lancet, seseorang bisa berpeluang 16% lebih banyak untuk tertular Covid-19 jika tidak menggunakan pelindung mata. Namun peluang penularan bisa menurun menjadi 5,5% jika Anda menggunakan pelindung mata.

Karenanya, jika mengacu pada studi tersebut, pelindung yang efektif untuk melindungi mata adalah face shield, kacamata goggle, atau kacamata biasa. Meskipun telah menggunakan alat pelindung tersebut, sebaiknya tetap gunakan masker ya Sobat Sehat.

Dalam penelitian tersebut mengatakan jika menggunakan masker atau penutup wajah bisa mengurangi risiko paparan virus corona hingga 85 persen, dan menggunakan kacamata atau pelindung wajah tampaknya juga bisa mengurangi risiko hingga 78 persen.

Jika telah membekali diri dengan pelindung mata, sebaiknya Anda juga menerapkan beberapa hal berikut agar bisa lebih terlindungi dari penularan Covid-19 lewat mata. Yuk disimak!

Jangan Sentuh Mata Secara Langsung

Sebaiknya Anda menghilangkan kebiasaan menyentuh dan mengusap mata menggunakan tangan. Pastikan tangan selalu bersih dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau bisa juga dengan hand sanitizer. 

Pakai Pelindung Mata

Saat bepergian ke luar, Anda bisa menggunakan pelindung untuk menutup area sekitar mata. Misalnya seperti face shield, atau kacamata goggle. Semakin tertutup tentunya risiko penularan lewat mata akan semakin kecil.

Hindari Penggunaan Lensa Kontak

Jika Anda terbiasa menggunakan lensa kontak, sebaiknya Anda mulai mengganti dengan kaca mata. Penggunaan lensa kontak bisa meningkatkan risiko penularan karena tangan akan lebih sering menyentuh area mata. Saat menggunakan kacamata pun tangan kita cenderung tidak akan menyentuh area mata secara langsung, karena terhalangi oleh kacamata yang dipakai.

Jangan Sentuh Pelindung Mata Anda

Meskipun sudah menggunakan alat pelindung mata, sebaiknya Anda tetap menghindari untuk menyentuhnya terlalu sering karena bisa terkontaminasi oleh tangan yang kotor. Terlalu sering membuka-tutup pun juga bisa berisiko meningkatkan penyebaran virus. 

Bawa Helm Pribadi Saat Menggunakan Ojek Online

Sebaiknya Anda selalu membawa helm milik sendiri saat berkendara atau menggunakan jasa ojek online. Helm yang digunakan secara bergantian oleh banyak orang bisa jadi mengandung banyak bakteri dan bisa masuk dalam mata, hidung, atau mulut.


Selalu jaga kebersihan dimanapun kalian berada ya Sobat Sehat. Saat bepergian, jangan lupa untuk selalu memakai masker dan membawa hand sanitizer, tissue, peralatan makan dan minum, juga helm milik pribadi. Selain itu, di masa pandemi seperti saat ini, sebaiknya Anda selalu menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.



Source:

CNNIndonesia.com