MANDI AIR DINGIN DI PAGI HARI TERNYATA BANYAK MANFAATNYA LHO

Udara pagi hari yang sejuk memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membangkitkan suasana hati dan membuat tubuh jadi bersemangat. Salah aktivitas yang bisa kita lakukan di pagi hari agar menjadi lebih bergairah menjalani hari adalah dengan mandi di pagi hari. 

Selain bisa membersihkan diri, melepas penat, dan menghilangkan kotoran dan keringat, mandi dengan air dingin di pagi hari memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh kita. Dilansir dari Detik.com, berikut ini merupakan beberapa manfaat mandi di pagi hari untuk kesehatan tubuh kita. Yuk simak selengkapnya!

Sirkulasi Darah Semakin Lancar

Mandi air dingin di pagi hari memang terasa menyegarkan, sehingga bisa membuat tubuh lebih terjaga. Suhu air dingin yang diguyur pada tubuh di pagi hari bisa memberikan sensasi mengejutkan dan memicu peredaran darah menjadi lebih cepat ke seluruh tubuh. Sistem sirkulasi darah pun menjadi lebih efisien dan darah bisa bergerak lebih cepat ke seluruh tubuh, karenanya mandi di pagi hari bisa mengurangi risiko darah tinggi.

Meningkatkan Imun Tubuh

Rupanya, mandi di pagi hari sebelum waktu subuh bisa meningkatkan gerakan limfatik, yakni kinerja sel darah putih dalam melawan berbagai infeksi virus di dalam tubuh. Mandi dengan air dingin secara teratur bisa meningkatkan kadar sel darah putih. 

Melimpahnya produksi sel darah putih ini lah yang membuat ketahanan tubuh akan penyakit meningkat, karena fungsi sel darah putih bisa melawan penyakit yang masuk dalam tubuh. Dengan kata lain, imunitas tubuh pun menjadi lebih kuat.

Baik untuk Kesehatan Rambut

Mandi pagi ternyata juga berdampak pada kesehatan rambut. Mandi pagi dengan air dingin bisa membuat rambut menjadi lebih sehat dan akar rambut menjadi lebih kuat, sehingga terhindar dari kerontokan. Menyiram air dingin pada bagian atas hingga bawah tubuh bisa melembabkan dan mengencangkan pori-pori kulit kepala, sehingga aliran darah pun menjadi lebih lancar.

Kesuburan Meningkat

Ternyata, mandi pagi sebelum subuh bisa meningkatkan kesuburan lho. Kegiatan ini bisa menjadi pemicu produksi hormon testosteron pria dan hormon estrogen wanita. Jika produksi hormon tersebut baik tentunya kesuburan reproduksi pria maupun wanita pun meningkat.

Mandi di pagi hari pun sangat berpengaruh baik bagi pria, karena produksi sperma secara signifikan bisa meningkat setelah membersihkan tubuh dengan mandi di pagi hari.

Mencegah Depresi

Mandi di pagi hari juga bisa mengatasi depresi. Hal ini terjadi karena oksigen dapat mengalir dengan lancar ke seluruh bagian tubuh. Jika kebutuhan oksigen dalam tubuh tercukupi dengan baik maka stress pun bisa berkurang tentunya hal ini bisa mengurangi tingkat depresi pada seseorang.


Bangun pagi dan mandi di pagi hari dengan air dingin sangat menyegarkan dan bermanfaat bagi tubuh. Tentunya hal ini bisa meningkatkan produktivitas karena kita menjadi lebih bersemangat menjalani hari.

Jadi, sekarang nggak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan buat bangun pagi kan, Sobat Sehat?



Source:

Detik.com