YUK KENALI IMPAKSI GIGI DAN CARA MENGATASINYA!

Apakah Sobat Sehat pernah mengalami impaksi gigi?

Impaksi gigi merupakan kondisi dimana gigi terpendam atau terjebak di dalam gusi. Kondisi ini umumnya terjadi pada gigi geraham bungsu orang dewasa. 

Orang dewasa normalnya memiliki 32 gigi termasuk 4 gigi bungsu yang biasanya tumbuh saat seseorang berusia antara 17 hingga 20 tahunan. Pada sebagian besar orang, gigi bungsu tidak bisa tumbuh secara normal, sehingga menyebabkan gigi tersebut terjebak di dalam gusi atau muncul sebagian di permukaan. Kondisi inilah yang disebut dengan impaksi gigi.

Impaksi gigi bisa terjadi pada siapa saja dan terkadang tidak disertai rasa sakit. Namun tidak sedikit juga yang merasakan nyeri jika gigi bungsu tumbuh miring atau tidak muncul pada permukaan gusi sama sekali.

Biasanya, impaksi gigi bisa terjadi karena beberapa alasan berikut, yaitu:

-Rahang terlalu sempit sehingga tidak ada ruang yang cukup untuk gigi tumbuh.

-Gigi menjadi miring atau bengkok saat berusaha tumbuh.

-Gigi sudah tumbuh namun dalam posisi yang tidak beraturan, sehingga menghalangi gigi bungsu.

Adanya impaksi gigi juga bisa menyebabkan efek domino pada gigi, yakni saat gigi yang tumbuh miring dan menekan gigi sebelahnya, maka gigi lainnya dapat tumbuh dengan tidak beraturan. Hal ini pun bisa menyebabkan masalah dalam mengunyah bahkan menimbulkan rasa sakit.

Rasa sakit yang muncul tidak hanya disebabkan adanya dorongan pada gigi yang ada di depannya, namun juga bisa disebabkan karena sisa makanan yang tersangkut. Akibatnya, bakteri penyebab infeksi pun lebih mudah masuk sehingga kondisi ini menyebabkan nyeri dan bengkak pada gusi. Apalagi posisi gigi impaksi yang terpendam di belakang pun sulit dijangkau oleh sikat gigi. 

Padahal jika sisa makanan yang terselip di area tersebut tidak dibersihkan malah bisa memicu perikoronitis, yakni kondisi meradangnya jaringan gusi di sekitar gigi. Impaksi gigi bisa memicu beberapa gejala atau permasalahan lain seperti gusi bengkak, gusi lembek, hingga bau mulut.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika kita mengalami impaksi gigi?

Jika tidak menimbulkan keluhan, impaksi gigi sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus. Namun jika muncul keluhan, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter gigi. Karena jika dibiarkan bisa terjadi komplikasi seperti periodontitis, abses pada gusi atau gigi, rasa nyeri yang hebat, susunan gigi yang tidak beraturan, hingga kerusakan saraf di sekitar gigi. Jika sudah terjadi permasalahan tersebut, maka dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan kondisi yang terjadi. Jika terjadi infeksi karena bakteri maka dokter mungkin akan memberikan resep antibiotik untuk mengobati gigi yang terinfeksi bakteri.



Source:

Alodokter.com