JANGAN SEMBARANGAN BUANG MASKER SEKALI PAKAI, INI CARANYA!

Adanya pandemi membuat semua orang wajib memakai masker saat beraktivitas di luar sebagai upaya perlindungan diri. Ada tiga jenis masker, namun yang umumnya dipakai oleh masyarakat saat ini adalah masker kain atau masker bedah medis.

Tidak seperti masker kain yang bisa dicuci dan dipakai berulang kali, masker bedah hanya bersifat sekali pakai. Setelah dipakai, penggunanya pun harus segera membuang masker ini. Tapi apakah Sobat Sehat sudah membuangnya dengan tepat setelah selesai menggunakannya? 

Cara membuang masker dengan tepat bisa membantu upaya penularan virus corona lho. Yuk simak cara membuang masker bedah yang tepat sesuai dengan panduan resmi dari Serba Covid-19 oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, dilansir dari CNNIndonesia.com

Lepaskan Masker

Melepaskan masker dari wajah pun ada caranya lho Sobat Sehat. Lepaskan masker melalui bagian tali dari belakang telinga. Cara ini bisa dilakukan agar menghindari kontak antara tangan dengan permukaan depan masker yang mungkin saja terkontaminasi kuman atau bakteri penyebab penyakit.

Lipat Masker Menjadi Dua Bagian

Setelah melepas masker, jangan langsung membuangnya ya. Anda bisa melipat masker menjadi dua bagian dan memposisikan bagian masker yang mungkin terkontaminasi kuman atau droplet berada di dalam lipatan.

Disinfeksi

Meskipun masker akan dibuang, namun jangan lupa untuk mendisinfeksinya ya Sobat Sehat. Setelah dilipat, lakukan disinfeksi. Anda bisa menyemprotkan cairan disinfektan, klorin, atau pemutih pada masker yang telah dilipat.

Sebelum Membuang, Rusak Masker Terlebih dahulu

Sebaiknya jangan buang masker dalam keadaan utuh, Anda disarankan untuk merusaknya terlebih dahulu. Hal ini berguna agar masker bekas pakai ini tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Cara paling mudah untuk merusak masker ini adalah dengan mengguntingnya menjadi dua bagian. 

Masukkan dalam Wadah 

Masukkan masker yang telah digunting ke dalam kantung plastik dan buang masker tersebut ke tempat sampah.


Setelah membuang masker tersebut, jangan lupa untuk membersihkan tangan ya Sobat Sehat. Menjaga kebersihan merupakan upaya pencegahan penularan virus corona yang bisa selalu dilakukan. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik atau Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer.



Source:

CNNIndonesia.com