JADI GONDRONG SELAMA KARANTINA MANDIRI, POTONG RAMBUT DI SALON AMAN NGGAK SIH?

Memotong rambut di salon sebenarnya bukan keperluan mendesak karena bisa kita lakukan sendiri di rumah. Tapi mungkin hal ini tidak berlaku bagi orang yang memiliki rambut pendek atau tidak terbiasa memotong rambut sendiri. Sehingga pergi ke salon menjadi sebuah keperluan yang juga harus dilakukan. 

Seiring berjalannya waktu, beberapa salon pun mulai buka. Namun selalu ada satu pertanyaan yang menghantui karena adanya pandemi ini, yaitu, apakah memotong rambut di salon aman?

Tantangan terbesar memotong rambut di salon saat ada pandemi ini adalah bagaimana infeksi virus menyebar. Penyebaran Covid-19 bisa terjadi melalui kontak dekat orang yang terinfeksi. Misalnya seperti terciprat droplet secara langsung atau menyentuh permukaan benda yang terkena percikan.

Padahal, pegawai salon biasanya melakukan pekerjaannya cukup dekat dengan pelanggan. Misalnya saat harus memotong, mewarnai, hingga menata rambut pelanggan. Karenanya, melakukan kontak dekat dengan pegawai atau pelanggan lainnya merupakan risiko terbesar saat Anda pergi ke salon di tengah pandemi.

Namun jika Anda merasa pergi ke salon merupakan keperluan mendesak, berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan agar aman jika ingin pergi ke salon, yaitu:

Buat Janji Terlebih Dahulu

Sebelum berkunjung ke salon, sebaiknya Anda membuat janji terlebih dahulu. Beberapa salon mungkin sudah menyediakan layanan ini agar pelanggan tidak perlu menunggu lama di dalam salon. Bahkan ada pula salon yang membuat aturan yang meminta pelanggan menelpon saat sudah tiba. Dengan demikian, pelanggan bisa langsung dilayani tanpa perlu berkontak atau berinteraksi langsung dengan pelanggan lainnya.

Tanyakan Protokol Keamanan Pada Salon

Selain menelpon untuk membuat janji, sebaiknya Anda menanyakan dahulu kebijakan baru yang diterapkan di tengah pandemi Covid-19 ini. Misalnya seperti bagaimana mereka menjaga kebersihan gerai mulai dari membersihkan dan mendesinfeksi alat peralatan salon hingga benda yang sering disentuh seperti pegawai salon untuk sering membersihkan permukaan benda yang rawan terkontaminasi. Bila perlu, tanyakan pula apakah pegawai menggunakan masker dan bagaimana mereka menerapkan physical distancing yang diterapkan di tempat kerja.

Gunakan Masker

Adanya himbauan untuk menggunakan masker saat bepergian selama pandemi ini pun berlaku jika Anda ingin pergi memotong rambut di salon. Sebaiknya tetap gunakan masker saat berada di dalam salon. Hal ini mungkin membuat Anda tidak nyaman, terutama saat memotong rambut karena dikhawatirkan adanya helaian rambut yang masuk. Namun penggunaan masker sangat penting karena bisa menjadi pelindung diri untuk mengurangi risiko penularan virus corona.

Menggunakan masker memang penting, tapi jangan lupa juga untuk melakukan upaya pencegahan yang lainnya. Misalnya seperti mencuci tangan selama 20 detik, menjaga jarak dengan pegawai dan pelanggan lainnya setidaknya 2-3 meter, hingga menghindari untuk menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan.

Pergi ke salon atau tidak saat adanya pandemi, semuanya merupakan keputusan Anda. Namun jika dirasa sangat mendesak, Anda bisa tetap pergi namun selalu menerapkan upaya pencegahan penularan. Meski begitu, ada kalanya potong rambut bisa dilakukan sendiri di rumah atau menunggu sejenak hingga kondisi membaik.


Source:

Hellosehat.com