INI YANG HARUS ANDA LAKUKAN SAAT MENERIMA PAKET BELANJAAN DI MASA PANDEMI

Adanya karantina mandiri karena pandemi virus corona ini membuat perilaku masyarakat dalam berbelanja berubah. Tidak sedikit yang lebih memilih untuk melakukan belanja online, mulai dari makanan hingga kebutuhan lainnya.

Tapi saat paket belanjaan kita datang, sebenarnya apa sih yang harus dilakukan? Meskipun kita tidak bersentuhan langsung dengan si pengirim paket, tapi apakah harus menyemprotkan disinfektan pada paket yang datang sebelum membukanya? Apakah virus bisa menempel dalam kemasan paket yang kita terima?

Virus corona memang bisa menempel di permukaan benda dan bisa bertahan dalam jangka waktu tertentu. Virus ini bisa bertahan di permukaan berbagai jenis benda selama sembilan hari atau lebih sehingga mungkin menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat untuk menyentuh paket kiriman yang datang.

Dilansir CNN Indonesia, Centers for Disease Control and Prevention atau Cnet mengatakan jika virus corona memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk menyebar melalui paket yang telah dipindahtangankan selama berkali-kali dalam beberapa hari. WHO pun mengungkapkan hal serupa, yakni kecil kemungkinannya paket belanjaan akan terkontaminasi setelah terekspos ke berbagai kondisi lingkungan yang berbeda.

Lalu, bagaimana dengan paket yang datang di hari yang sama seperti pesan antar makanan? Menurut informasi dari CNN Indonesia, Food and Drug Administration menyebutkan jika tidak ada bukti bahwa virus dapat menyebar melalui makanan atau paket.

Tapi tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati ya Sobat Sehat. Setelah menerima paket, Anda bisa menyemprotkan permukaannya dengan disinfektan dan mendiamkannya selama 15 menit dan kemudian mengelapnya. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan air dan sabun setelah memegang paket tersebut ya Sobat Sehat. Setelah membuang bungkusnya pun Anda juga bisa mencuci tangan kembali.

Meski begitu, jangan menyemprotkan disinfektan pada paket makanan ya. Yang harus Anda lakukan saat menerima paket makanan adalah mencuci tangan dengan air dan sabun setelah memegangnya. Segera keluarkan semua makanan dan jika memungkinkan Anda bisa memanaskan lagi makanan tersebut.



Source:

CNNIndonesia.com