CATAT! HINDARI MAKANAN INI SAAT SAHUR DAN BERBUKA PUASA

Berpuasa di tengah pandemi Covid-19 membuat kita harus bijak mengatur asupan makanan agar tubuh selalu sehat. Saat sedang berpuasa, pola makan berubah secara drastis karena kita hanya bisa makan saat sahur dan berbuka puasa. Karenanya, kedua momen ini merupakan bagian penting untuk menjaga asupan nutrisi selama bulan puasa.

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka puasa. Misalnya seperti karbohidrat olahan hingga camilan yang berminyak, karena konsumsi makanan ini malah bisa menimbulkan efek negatif pada tubuh.

Saat sedang sahur, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein, serat, dan kalsium juga vitamin. Begitu juga saat berbuka puasa. Anda bisa menerapkan diet seimbang agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi. Karenanya, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung kalium, air mineral, kacang-kacangan, dan sayuran.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari saat sahur dan berbuka puasa. Simak selengkapnya ya Sobat Sehat!

Makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang sahur:

Karbohidrat Olahan

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan gula seperti donat, croissant, dan lain sebagainya hanya akan bertahan selama 3-4 jam. Selanjutnya, Anda akan kembali merasa lapar dan kurang berenergi. Karenanya, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi makanan seperti ini saat sedang sahur.

Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi bisa menyebabkan insomnia dan kegelisahan. Tak hanya itu, kopi pun bisa membuat tubuh kurang terhidrasi dan menyebabkan Anda merasa haus selama berpuasa lebih dari 12 jam. Sebaiknya hindari minum kopi saat sedang sahur dan minumlah air putih untuk mencukupi kebutuhan air harian tubuh.

Makanan Asin

Makanan asin seperti kripik biasanya memiliki banyak kandungan natrium. Padahal, ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh dapat membuat Anda merasa haus secara terus menerus saat berpuasa. Sebaiknya hindari konsumsi makanan asin saat sedang sahur agar tidak merasa haus saat sedang berpuasa.


Selain beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sahur tersebut, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa, yaitu:

Soda

Hindari minuman berkarbonasi atau soda saat sedang berbuka puasa. Minuman ini bisa menyebabkan rasa kembung dan meningkatkan produksi asam lambung, apalagi jika dikonsumsi saat perut kosong. Sebaiknya konsumsi air mineral atau air kelapa untuk menghilangkan haus setelah berpuasa lebih dari 12 jam.

Makanan Manis

Selain soda, sebaiknya Anda juga menghindari makanan dengan kandungan gula yang tinggi, karena makanan jenis ini bisa memicu kenaikan berat badan dan menyebabkan penyakit jika dikonsumsi setiap hari.

Gorengan

Tak hanya itu, Anda juga disarankan untuk menghindari gorengan atau makanan yang digoreng dan memiliki banyak kandungan minyak. Makanan ini mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan produksi asam lambung hingga menyebabkan gangguan pencernaan.

Saat sedang berpuasa, tubuh dapat mengkonsumsi makanan dan minuman secara terbatas, yaitu pada saat sahur dan berbuka puasa. Karenanya, sebaiknya Anda memilih makanan yang bernutrisi dengan gizi seimbang agar daya tahan tubuh bisa tetap terjaga. Terlebih saat ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19.



Source:

CNNIndonesia.com