YUK CEGAH SERANGAN JANTUNG DENGAN KONSUMSI MAKANAN SEHAT INI

Serangan jantung memang bisa datang tiba-tiba. Meski begitu, Anda bisa mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Dilansir dari Kumparan.com, berikut ini merupakan beberapa makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Yuk disimak!

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Misalnya saja seperti bayam, kangkung, dan sawi. Sayuran hijau merupakan sumber vitamin K dan nitrat yang bagus untuk membantu melindungi arteri jantung, mengurangi tekanan darah, hingga meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

Berry

Stroberi, Blueberry, Blackberry, dan Raspberry merupakan buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Buah-buahan berry ini mengandung anthocyanin yang bisa melindungi diri dari stress oksidatif dan peradangan penyebab penyakit jantung.

Biji-bijian Utuh

Gandum, beras merah, gandum hitam, dan quinoa merupakan biji-bijian utuh yang mengandung serat cukup tinggi. Makanan tersebut bisa membantu mengurangi kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Tomat

Tomat memiliki kandungan lycopene yang tinggi. Zat antioksidan alami ini bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas, mencegah terjadinya kerusakan oksidatif, dan peradangan yang menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, menambahkan tomat dalam menu makanan harian Anda pun juga bisa mencegah terjadinya stroke dan kolesterol tinggi dalam tubuh.

Alpukat

Buah alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Alpukat memiliki kandungan kalium tinggi yang dibutuhkan tubuh dalam sehari sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, hingga risiko penyakit jantung.

Ikan Berlemak

Salmon, makarel, sarden, dan tuna merupakan ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Makan dalam jangka panjang pun juga bermanfaat bagi kesehatan

Cokelat Hitam

Cokelat hitam dikenal kaya akan kandungan antioksidan seperti flavonoid yang mampu meningkatkan kesehatan jantung. Meski begitu, pastikan untuk memilih cokelat hitam berkualitas tinggi dengan kandungan kakao 70 persen agar manfaat yang didapat untuk jantung lebih maksimal.

Bawang Putih

Beberapa penelitian dalam beberapa tahun terakhir menemukan jika bawang putih memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang diyakini memiliki banyak efek terapeutik. Bahkan ekstrak bawang putih pun bisa menghambat penumpukan trombosit yang dapat mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah dan stroke.

Edamame

Edamame merupakan jenis kacang kedelai yang mengandung isoflavon. Kandungan sejenis flavonoid ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Menurut penelitian dari NCBI atau National Center for Biotechnology Information, mengkonsumsi edamame bisa menurunkan risiko kematian sebanyak 15 persen akibat penyakit jantung koroner.


Selain memperhatikan pola makan dengan gizi seimbang, jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan pola hidup sehat seperti olahraga teratur, hindari rokok dan alkohol, serta hindari stress ya Sobat Sehat!


Source:

Kumparan.com