MAKAN DAN MINUM SAMBIL BERDIRI TERNYATA BERDAMPAK BURUK BAGI KESEHATAN LHO

Kebiasaan makan dan minum sambil berdiri biasanya dianggap kurang sopan atau tidak sesuai dengan tata krama. Namun, jika dilihat dari segi medis, kebiasaan ini ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Sebaiknya jangan jadikan ini sebagai kebiasaan ya Sobat Sehat. Meskipun terlihat sepele, namun kebiasaan makan dan minum sambil berdiri bisa menimbulkan efek negatif untuk kesehatan. Berikut ini adalah hal-hal yang mungkin terjadi jika Anda sering makan dan minum sambil berdiri.


Perut Terasa Kembung

Perut kembung menimbulkan sensasi nyeri, tidak nyaman, bahkan membuat perut tampak membesar. Perut kembung ini bisa terjadi karena makanan atau minuman yang tidak tercerna dan terserap dengan baik oleh usus.

Makan atau minum sambil berdiri biasanya membuat Anda menelan lebih cepat, sehingga hal ini dapat membuat terlalu banyak udara masuk dalam sistem pencernaan dan mengakibatkan perut menjadi kembung.

Terjadi Gangguan Sistem Pencernaan

Kinerja sistem pencernaan tubuh dipengaruhi oleh posisi tubuh saat kita makan. Makan sambil berdiri ternyata bisa membuat lambung mengosongkan isi perut dengan terlalu cepat. Akibatnya, lambung menjadi tidak punya waktu untuk memecah zat-zat dalam makanan sehingga nutrisi yang dicerna oleh usus pun tidak maksimal.

Makan Jadi Berlebihan

Pengosongan lambung terjadi lebih cepat saat makan sambil berdiri. Karenanya, lambung bisa menampung lebih banyak makan, apalagi makan sambil berdiri cenderung membuat Anda makan lebih cepat.

Padahal saat Anda makan secara perlahan, Anda akan lebih peka terhadap rasa kenyang dan bisa mengendalikan nafsu makan. Tak hanya itu, rasa nikmat makanan pun juga akan lebih terasa jika Anda makan dengan perlahan.

Awas Berisiko Tersedak

Saat Anda makan dan minum sambil berdiri, biasanya Anda cenderung lebih tergesa-gesa. Hal ini bisa membuat tersedak lho. Meskipun terlihat sepele tapi ternyata tersedak juga bisa menimbulkan komplikasi yang bisa mengancam nyawa.


Meskipun menimbulkan beberapa dampak yang tidak baik dan dianggap tidak sopan, makan sambil berdiri ternyata disarankan pada orang dengan kondisi tertentu. Misalnya saja bagi penderita GERD. Risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan akan lebih kecil jika pengosongan lambung terjadi dengan lebih cepat. Sehingga makan sambil berdiri mungkin bisa mencegah naiknya asam lambung.

Makan dan minum sambil berdiri maupun duduk bisa jadi memiliki dampak positif atau negatif masing-masing. Semuanya memang tergantung mana yang Anda pilih, meski begitu usahakan untuk selalu makan secara perlahan-lahan dengan porsi yang tidak berlebihan. Selain itu, pastikan untuk memiliki pola makan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda ya Sobat Sehat.


Source:

Alodokter.com