STRESS SAAT “WORK FROM HOME”, KENALI TANDANYA!

Adanya pandemi virus corona membuat sebagian besar orang harus bekerja dari rumah atau work from home selama sebulan ini. Tak heran, rasa bosan dan jenuh pun muncul lantaran pekerjaan dilakukan sambil melakukan karantina mandiri di rumah.

Akibatnya, tidak sedikit yang mengalami stress dan kelelahan yang ditandai dengan adanya rasa letih pada tubuh. Gejala lain yang menjadi tanda jika tubuh memerlukan kegiatan lain sebagai penyegaran pun muncul. 

Stress saat bekerja dari rumah bisa jadi diakibatkan oleh banyaknya beban pekerjaan hingga suasana yang semakin lama menjadi kurang nyaman. Dilansir dari CNNIndonesia.com, berikut ini merupakan beberapa gejala yang menjadi pertanda jika tubuh mengalami stress.

Susah Berkonsentrasi dan Berpikir

Rasa lelah bisa ditandai dengan sulitnya kita berkonsentrasi dan berpikir. Hal ini bisa dilihat dari berkurangnya kemampuan kita dalam menemukan solusi dari sebuah masalah hingga saat mengambil keputusan.

Suasana Hati yang Berubah

Rasa stress dan lelahnya tubuh bisa juga dilihat dari perubahan suasana hati yang sangat signifikan dan mendadak. Suasana hati pun bisa berubah dengan cepat dan mengakibatkan kita menjadi sangat sensitif seperti mudah marah hingga sedih.

Terpaku Pada Pekerjaan 

Seseorang yang sedang stress tidak hanya kurang mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik, namun juga selalu merasa terbebani dan tidak fokus dalam bekerja, meskipun sudah mengerahkan segala upaya untuk pekerjaan. Padahal, seseorang yang sedang stress cenderung selalu memikirkan pekerjaan yang harus dilakukan dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi.

Merasa Cemas Berlebihan

Kondisi stress bahkan bisa membuat kita kurang mempercayai orang lain. Akibatnya, perasaan ini pun akan membuat kita merasa cemas jika harus memasrahkan tugas pada orang lain. Sehingga mau tidak mau pekerjaan pun akan dilakukan sendiri.

Tidak hanya itu, seseorang yang dihantui oleh perasaan khawatir pun akan membuat mereka secara rutin selalu memeriksa pekerjaan dalam email ataupun pesan singkat, bahkan di luar jam kerja.

Sebaiknya, Sobat Sehat bisa mencoba untuk menenangkan diri sejenak dan beristirahat dengan mencoba rutinitas baru agar tidak merasa bosan. Jika menghadapi masalah dengan pekerjaan, jangan ragu untuk membicarakan pada atasan. Kenali pula batasan tanggung jawab pekerjaan agar Anda bisa membedakan kapan waktu antara bekerja di rumah dan kapan saat untuk berkumpul bersama keluarga.

Jangan biarkan tanda-tanda stress tersebut muncul ya Sobat Sehat. Selain mengganggu ketenangan jiwa, hal tersebut akan membuat pekerjaan semakin tidak produktif.



 

Source: CNNIndonesia.com