SUKA JAJAN DI PINGGIR JALAN? BEGINI CARANYA BIAR TETAP AMAN!

Makanan di pinggir jalan biasanya mengeluarkan aroma yang menggugah selera. Tak heran jika mengundang orang-orang yang sedang lewat. Apakah Sobat Sehat hobi jajan di pinggir jalan?

Membeli kudapan di pinggir jalan memang tidak ada salahnya, karena tidak bisa dipungkiri jika sesekali kita merasa jenuh dengan makanan yang ada di rumah. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal agar tetap aman jajan di pinggir jalan. Karena makanan yang dijual di pinggir jalan bisa saja menimbulkan beberapa masalah kesehatan, terutama bagi mereka yang sensitif terhadap makanan tertentu.

Pilih Jajanan yang Baru Dimasak atau yang Tertutup

Biasanya para penjual makanan selalu menyajikan dagangannya dengan cara yang praktis. Misalnya saja penjual gorengan yang memasak dagangannya dalam jumlah yang banyak sekaligus. Sehingga saat pelanggan tiba, penjual hanya tinggal memasukkan pesanan ke dalam bungkus. 

Namun sayangnya dagangan yang belum terjual kerap dibiarkan ada di etalase dalam waktu yang lama tanpa tertutup. Hal ini bisa jadi memungkinkan makanan tersebut terpapar lama dengan polusi dan partikel lainnya.

Sebaiknya Anda membeli makanan yang masih hangat atau baru matang, atau sebaiknya pilih jajanan yang tidak dibiarkan terbuka langsung, agar mengurangi kemungkinan telah terpapar dari udara luar.

Bawa Sendiri Alat Makan Atau Bersihkan Alat Makan Sebelum Mulai Makan

Sebaiknya Anda memperhatikan area sekitar jajanan yang ingin dibeli. Pastikan gerobak dan segala peralatan masak atau tempat penyimpanan makanan terlihat bersih. Tidak hanya itu, perhatikan pula bagaimana penjual mencuci alat masaknya.

Selalu sediakan tisu dalam tas jika sewaktu-waktu Anda ingin makan di warung pinggir jalan. Adanya tisu bisa berguna untuk membersihkan kembali peralatan makan seperti sendok, garpu, atau sumpit sebelum Anda menggunakannya.

Jika perlu, Anda bisa membawa sendiri peralatan makan dari rumah agar kebersihannya lebih terjamin.

Bawa Air Minum Sendiri

Tidak sedikit warung pinggir jalan yang menyediakan air minum yang bebas diisi ulang tanpa harus membayar. Namun Anda harus berhati-hati karena Anda tidak mengetahui proses pemasakan air tersebut. Bisa jadi air dalam teko tersebut belum benar-benar matang dan aman dikonsumsi, atau malah belum diganti selama berhari-hari.

Sebaiknya Anda membawa air minum sendiri dari rumah atau beli air mineral dalam kemasan yang masih tersegel agar lebih terjamin aman. 

Pastikan Jajanan yang Dikonsumsi Telah Matang Sempurna

Pastikan jajanan yang akan dikonsumsi sudah benar-benar matang. Misalnya saja jika Anda membeli ayam goreng, pastikan agar daging sudah benar-benar matang sampai dalam. Karena terkadang meskipun dari luarnya sudah tampak berwarna kecoklatan, tapi daging bisa saja masih berwarna kemerahan jika tidak diolah dengan benar.

Ada kalanya kita merasa bosan dengan makanan yang disajikan di rumah. Kalau sudah begini, jajan makanan di luar pun menjadi pilihan. Tapi jangan terlalu sering jajan ya Sobat Sehat, karena tidak ada yang bisa menjamin apakah proses penyajian masakan tersebut sesuai dengan standar kebersihan. Paling aman memang mengolah makanan sendiri di rumah, karena kita bisa tahu bahan-bahan apa yang terkandung di dalamnya dan kebersihan sudah pasti terjamin.



Source: 

Hellosehat.com