PENTING! HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MENCUCI TANGAN

Mencuci tangan dengan bersih saat ini masih saja dianggap sebagai hal remeh. Padahal wabah penyakit tengah bertebaran di mana-mana, terlebih merebaknya virus 2019-nCoV di beberapa negara.

Mencuci tangan merupakan salah satu langkah sederhana untuk mengantisipasi dan menangkal berbagai virus dan kuman yang mengancam tubuh. Bahkan kementerian kesehatan pun turut mengeluarkan panduan khusus terkait dengan tahapan mencuci tangan dengan benar.

Meskipun saat ini Indonesia masih negatif akan kasus virus corona, namun tidak ada salahnya untuk kita tetap waspada. Mencuci tangan dengan bersih merupakan salah satu hal yang dianjurkan, tentunya selain menjaga daya tahan tubuh.

Berikut ini merupakan beberapa langkah mencuci tangan dengan baik, karena membersihkan tangan nyatanya tidak hanya cukup dengan mengalirkan air ke tangan saja. Simak langkahnya!

1. Basahi Tangan

Sebagai langkah awal, basahi tangan menggunakan air bersih yang mengalir, setidaknya selama 20 detik. Sebaiknya jangan menggunakan air yang ada di baskom atau kubangan.

2. Jangan Lupa Gunakan Sabun

Setelah tangan basah, gunakan sabun yang memiliki kandungan antiseptik. Hal ini penting karena tujuan utama dalam mencuci tangan adalah untuk menghilangkan kuman.

Pilih sabun yang tidak hanya sekadar wangi saja, karena wangi hanyalah kandungan parfum yang tidak dapat mematikan kuman atau mikroorganisme yang menempel di tangan. Namun sebaiknya pilih sabun yang memiliki kandungan antiseptik yang mampu menghilangkan kuman dan bakteri.

3. Gosok Ruas-ruas Tangan

Tidak sedikit orang yang mencuci tangannya hanya pada bagian telapak dan punggung tangan saja. Sebaiknya, saat menggosokkan sabun, pastikan pula untuk menelusuri ruas-ruas sela jari-jari tangan. Jangan lupa pula untuk membersihkan kuku dan menggesek-gesekkan ujung kuku pada telapak tangan secara bergantian.

4. Bilas dan Keringkan

Setelah semua tahapan selesai dilakukan, bilas tangan menggunakan air bersih yang mengalir. Jangan lupa untuk mengeringkan tangan dengan handuk, tisu, atau bisa juga diangin-anginkan.

Mencuci tangan sangat penting untuk dilakukan, karena sebagai upaya untuk menghindari bibit penyakit yang akan masuk pada tubuh. Namun jika Anda berada dalam perjalanan dan tidak dapat menjangkau air bersih dan sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer atau tisu basah yang mengandung antiseptik.