SULIT KONSENTRASI = TANDA MENTAL TERGANGGU?

Mungkin Anda kurang menyadari kondisi kesehatan mental Anda karena terlalu fokus dengan kesehatan fisik. Tidak seperti kondisi fisik, kondisi mental Anda terlihat oleh kasat mata. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sesungguhnya mengalami guncangan mental namun tidak terdeteksi. Hal ini juga dipengaruhi oleh stigma masyarakat yang menganggap gangguan mental adalah hal yang tabu dan memalukan untuk dibicarakan.

Faktanya, setiap orang bisa saja mengalami gangguan mental dan membutuhkan tempat untuk berkonsultasi tidak peduli seberapapun sehatnya fisik orang tersebut. Apabila tidak segera diberi uluran tangan, orang tersebut bisa menjadi depresi, gila, atau bahkan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Oleh karena itu, akan lebih baik bagi Anda untuk segera memberikan pertolongan, seperti sekedar mendengarkan keluhan mereka, atau bahkan mengunjungi psikolog atau psikiater. Untuk mengetahui apakah seseorang sedang sakit mentalnya, ada beberapa gejala yang ditunjukkan.

Menarik Diri - Apabila seseorang mendadak menarik diri dari lingkungannya dan enggan berinteraksi dengan orang lain, ada kemungkinan dia sedang memiliki masalah dan kesehatan mentalnya terguncang.

Performa Menurun - Baik di sekolah, di rumah, ataupun di tempat kerja, seseorang yg sedang terganggu mentalnya akan mengalami penurunan performa, entah dalam mengerjakan pekerjaan, atau nilai-nilainya di sekolah.

Sulit Berpikir - Jika Anda merasa kesulitan untuk konsentrasi, atau berpikir logis, ada baiknya Anda menemui psikiater untuk membicarakan hal-hal yang mengganggu pikiran Anda.

Sensitivitas Meningkat - Seseorang mungkin sedang mengalami gangguan mental apabila merasa lebih sensitif terhadap cahaya, suara, bau ataupun sentuhan dan mudah terganggu karenanya.

Apatis - Kehilangan inisiatif ataupun keinginan untuk berpartisipasi dalam kegiatan apapun juga bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang mengalami gangguan mental.

Halusinasi - Seseorang yang terganggu mentalnya sulit terhubung dengan orang-orang maupun kejadian di sekitarnya. Ia akan memiliki dunianya sendiri yang tidak nyata.

Cemas Berlebihan - Sering curiga dan cemas berlebihan terhadap orang-orang di sekitar adalah salah satu gejala gangguan mental yang harus diwaspadai.

Perilaku Tidak Wajar - Tidak seperti biasanya, orang-orang dengan mental yang terganggu cenderung berperilaku aneh, tidak sesuai dengan karakternya, dan tidak wajar.

Perubahan Pola Makan dan Pola Tidur - Sering tidak nafsu makan dan tidak bisa tidur juga bisa menjadi gejala yang menunjukkan bahwa seseorang sedang terganggu mentalnya.

Perubahan Mood/Suasana Hati - Suasana hati yang sering berubah secara mendadak dan tiba-tiba seperti mendadak sedih lalu tertawa atau secara tiba-tiba mengamuk adalah gejala yang harus diwaspadai dari orang dengan gangguan mental.

Menunjukkan satu atau dua gejala dari berbagai gejala di atas bukan berarti seseorang terserang gangguan mental. Namun, jika 5 atau lebih gejalanya terjadi secara bersamaan, ada kemungkinan bila orang tersebut terserang gangguan mental. Diagnosa untuk penyakit mental tidak bisa dilakukan oleh orang awam. Akan lebih baik bagi Anda untuk mengunjungi psikiater atau berbicara dengan psikolog mengenai masalah tersebut. Bila ada orang terdekat Anda yang menunjukkan gejala tersebut, segera ulurkan tangan Anda dan dengarkan keluhannya. Orang yang sedang memiliki masalah hanya butuh didengarkan agar hatinya terasa lega. Mari tingkatkan kesadaran kita akan berbagai gangguan mental yang mungkin menyerang Anda atau orang terdekat Anda.


Sumber: Psychiatry.org