PAKAI KRIM PEMUTIH ABAL-ABAL, KULIT BISA RUSAK!

Memiliki kulit yang putih dan bersih adalah hal yang diimpikan oleh banyak perempuan di Indonesia. Akibatnya, banyak perempuan yang berusaha menggunakan cara yang instan dengan memakai krim pemutih yang banyak diiklankan oleh selebgram. Sayangnya, kebanyakan perempuan tidak terlalu mempedulikan kandungan dalam krim pemutih tersebut karena mereka mempercayai perkataan selebgram yang mempromosikannya.

Menggunakan krim pemutih tanpa melihat kandungan yang terkandung di dalamnya pada faktanya bisa jadi berbahaya, karena Anda tidak tahu bahan apa saja yang digunakan untuk meracik krim tersebut. Bahkan, terdapat kasus ketika kulit seseorang menjadi rusak dan seperti bekas terbakar karena menggunakan krim pemutih yang memiliki kandungan steroid. Meskipun termasuk golongan obat penyakit yang legal di Indonesia, penggunaan steroid tidak boleh dicampur secara sembarangan. Efek samping yang dapat muncul adalah kerusakan kulit permanen yang tampak seperti stretch mark pada kulit atau disebut juga dengan striae atrofi.

Efek samping tersebut tidak dapat dikembalikan ke keadaan semula. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum memakai produk apapun untuk kulit, bila tidak diketahui produsennya maka sebaiknya dihindari terlebih dulu. Selain itu, pastikan untuk cek komposisi produk dan statusnya di BPOM, dan yang paling penting adalah mengkonsultasikannya terlebih dulu dengan dokter.