PERCUMA MINUM VITAMIN C KALAU MASIH MELAKUKAN HAL INI

Hampir setiap orang kini telah sadar akan pentingnya asupan nutrisi dalam tubuh. Salah satu jenis nutrisi yang harus didapat oleh tubuh adalah vitamin C. Banyak orang yang sudah sadar akan pentingnya vitamin C sehingga mereka mengonsumsi buah, sayuran, maupun multivitamin yang mampu memenuhi nutrisi dalam tubuh. Meskipun demikian, terkadang asupan nutrisi tersebut tidak dibarengi dengan pola hidup yang sehat. Masih banyak orang yang tidak dapat meninggalkan kebiasaan merokok.

Sebuah penelitian di Kanada membuktikan bahwa bila Anda tetap merokok, maka semua vitamin C yang Anda konsumsi pun akan lambat untuk diserap. Ya, merokok memang dapat menghambat penyerapan vitamin C. dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH dari IDAI menyebutkan bahwa orang yang merokok akan membutuhkan dosis vitamin C harian yang lebih besar daripada orang yang tidak merokok. Hal ini disebabkan oleh penyerapan vitamin C yang tidak maksimal pada perokok.

Menurut dr. Bernie, untuk setiap satu batang rokok yang dihisap, tubuh akan kekurangan 25mg vitamin C. Jumlah tersebut sama dengan 1/3 dari keseluruhan jumlah vitamin C yang diperlukan tubuh. Padahal, seperti yang kita ketahui, vitamin C memang dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan serta meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Kebiasaan merokok memang semestinya dihentikan karena banyak akibat buruk yang mungkin terjadi pada tubuh, seperti mempercepat produksi radikal bebas, dan rusaknya jaringan organ tubuh sehingga memicu penyakit. Tentunya kerusakan paru-paru akibat merokok menjadi alasan lain yang mengharuskan Anda menghindari kebiasaan yang satu ini. Nah, pastikan hidup Anda bebas rokok ya!


Sumber: Detik.com