HARUS LEMBUR? AMANKAN JANTUNGMU DENGAN CARA INI!

Apakah Anda sering bekerja lembur? Sebagian besar orang memang memiliih untuk kerja lembur demi mendapatkan tambahan pendapatan, apalagi bagi yang belum memiliki pasangan dan tidak memiliki agenda di luar jam kantor. Lembur terkadang menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang. Meskipun demikian, perlu dipertimbangkan lagi pilihan Anda untuk lembur.

Bekerja lembur sebenarnya tidak baik untuk kesehatan karena dapat mengganggu gaya hidup sehat Anda. Namun, jika Anda memang harus lembur, ada beberapa saran yang diberikan oleh dokter spesialis jantung bagi para pekerja yang hobi lembur namun ingin tetap sehat.

Yang terpenting untuk dilakukan setelah bekerja lembur adalah waktu istirahat yang sebaik mungkin. Ketika sampai rumah, pastikan untuk benar-benar beristirahat, bukan justru melakukan hal lain seperti main atau bersih-bersih rumah. 2 jam setelah bekerja, Anda juga bisa melakukan peregangan yang bisa membantu untuk melemaskan otot.

Tak hanya itu, penting juga bagi Anda untuk memakan makanan yang bergizi seperti buah-buahan, ikan, dan juga sayuran. Lembur memang terasa kurang bila tidak ditemani kopi, namun sebaiknya hindari konsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya.

Pekerja lembur sebaiknya juga selalu memeriksakan kondisi jantung setidaknya 1 tahun sekali agar bisa dipastikan keamanannya saat Anda ingin bekerja lembur. Jika memungkinkan, di sela-sela kerja pastikan juga untuk beristirahat sejenak dan melakukan peregangan. Dengan demikian kesehatan jantung pun akan tetap terjaga.


Sumber: Detik.com