TAK KALAH BAHAYA DARI ROKOK, INI DIA PENYEBAB KANKER PARU-PARU

Saat berbicara tentang kanker paru-paru, banyak orang yang meyakini bahwa rokok adalah penyebab berkembangnya penyakit tersebut. Hal ini benar adanya, karena rokok mengandung berbagai jenis zat kimia yang diyakini sebagai sumber berbagai macam penyakit. Meskipun demikian, satu hal yang perlu diketahui, rokok bukanlah satu-satunya penyebab kanker paru-paru. Ada beberapa penyebab lainnya yang perlu Anda ketahui.

1. Radon

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui zat satu ini. Namun, di Amerika sendiri radon adalah penyebab kedua kanker paru-paru setelah rokok. Radon adalah zat alam yang dihasilkan dari tanah dan bebatuan. Rumah yang memiliki sedikit ventilasi dan menggunakan air conditioner akan berpotensi besar untuk mengandung radon. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperbanyak ventilasi udara agar sirkulasi udara di rumah berjalan dengan baik.

2. Asap Kompor

Sudahkah Anda mematikan kompor Anda? Penting untuk diketahui bahwa asap yang dihasilkan api dari kompor pun juga menjadi penyebab kanker paru-paru. Pernyataan tersebut diamini oleh Kepala Subdirektorat Penyakit Kanker dan Kelainan Darah, Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr Niken Wastu Palupi, MKM. Pengadaan ventilasi untuk mengeluarkan asap dapur akan sangat membantu agar tidak ada polusi indoor.

3. Polusi Udara

Saat berkegiatan di ruang terbuka seperti jalan raya, Anda harus selalu waspada dengan polusi udara. Asap kendaraan penyebab polusi udara mengandung karbon monoksida (CO) yang dengan mudahnya dapat mengikat hemoglobin dalam darah dibanding oksigen. Oleh karena itu, menghirup asap kendaraan sama artinya dnegan menghirup CO sehingga akan terjadi gangguan pernapasan yang bisa beralih menjadi kanker.

4. Karsinogen

Apakah rumah Anda masih menggunakan asbes untuk atapnya? Jika ya, ada baiknya Anda segera menggantinya. Asbes menghasilkan zat berbahaya bernama karsinogen yang bisa menyebabkan karsinogen. Tak hanya asbes, karsinogen juga dapat dihasilkan dari bahan-bahan seperti nikel, batu bara, silika, dan juga arsenik.

5. Faktor Genetik

Apabila di keluarga Anda ada yang menderita kanker paru-paru, ada baiknya Anda untuk berhati-hati karena tak hanya faktor eksternal, kanker paru paru juga bisa muncul karena faktor genetik. Dokter spesialis penyakit dalam dari RSUP Persahabatan, dr Elisna Syahruddin, PhD, SpP(K) mengatakan meski tidak pasti, seseorang yang keluarganya ada yang terserang kanker paru-paru akan memiliki kemungkinan terserang penyakit yang sama juga.

6. Faktor Usia

Faktor terakhir penyebab kanker paru-paru adalah faktor usia. Semakin bertambah usia seseorang, semakin menurun juga performa organ tubuhnya. Kanker paru-paru umumnya menyerang orang-orang yang berusia di atas 40 tahun. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan sedari muda agar terhindarkan dari berbagai penyakit saat sudah lanjut usia.


Sumber: Detik.com