KAMU SUDAH KECANDUAN MEDSOS BELUM SIH? CEK YUK!

Apakah Anda memiliki media sosial? Tidak dipungkiri lagi jaman now tentunya akan ada yang kurang jika tidak memiliki media sosial. Fungsi media sosial kini sangat beragam. Mulai dari sekedar berinteraksi dengan kawan yang tinggal di kota yang jauh, hingga mendapatkan informasi terkini yang bahkan media berita belum menyiarkannya. Bisa dibilang media sosial adalah sarana ter-update yang memungkinkan Anda untuk tidak ketinggalan berita. Namun, karena mudahnya akses sosial media dan variasinya pun bermacam-macam, kini muncul masalah baru yaitu kecanduan media sosial.

Seorang profesor di Washington University, St. Louis, Amerika Serikat, menemukan bahwa dengan berinteraksi tanpa batas di media sosial bisa berakibat buruk. Anda bisa terisolasi dari dunia luar karena merasa sudah cukup dengan interaksi di sosial media. Selain itu, Anda juga mengalami masalah psikologis seperti rasa cemburu pada kehidupan orang lain. Perlu diketahui cara yang tepat agar Anda tidak kecanduan media sosial.

Saat sedang sensitif atau sedih, sangat tidak disarankan untuk membuka media sosial. Tujuannya adalah untuk melampiaskan rasa sedih yang dirasakan. Padahal, sangat tidak disarankan untuk membuka media sosial saat sedang sedih karena bisa memperburuk perasaan setelah melihat gambar maupun tulisan orang lain. Anda sebaiknya menandai perasaan yang muncul setelah membuka media sosial. Jika Anda merasa lebih buruk, maka sangat disarankan untuk mengurangi penggunaan media sosial.

Jika Anda tahu cara yang tepat untuk memakai media sosial, maka bisa dipastikan bahwa Anda tidak akan mengalami kecanduan. Ambil saja hal-hal yang bermanfaat dari media sosial. Ikuti saja akun yang membagikan informasi. Tidak perlu mengikuti akun yang menyebarkan kebencian karena akan membuat Anda menjadi orang yang selalu berpikiran negatif. Perbanyak teman di kehidupan nyata sehingga interaksi Anda tidak melulu dengan media sosial.


Sumber: Liputan 6.com