KASIH GADGET UNTUK ANAK SEDARI DINI? MEMANG AMAN YA?

Orangtua jaman now mungkin telah mengenalkan gawai jenis tablet maupun smartphone pada anaknya sejak dini. Pasalnya, banyak orang tua yang menganggap berbagai jenis gawai tersebut sangat membantu untuk membuat anaknya tetap tenang. Saat makan atau saat anak menangis, banyak orangtua yang memberikan smartphone kepada anak mereka dan membiarkan mereka memainkannya agar tetap tenang.

Meskipun terlihat sepele, menurut pakar pedriatik, kebiasaan membiarkan anak-anak menggunakan gawai ternyata dapat menyebabkan anak-anak memiliki gangguan motorik. Sally Payne, kepala terapis pediatrik di Heart of England Foundation NHS Trust menyampaikan bahwa anak-anak jaman sekarang memiliki kekuatan dan keterampilan tangan yang berbeda dengan anak-anak pada 10 tahun yang lalu.

Pengamatan Payne menemukan bahwa anak-anak sekarang cenderung kesulitan memegang dan mengarahkan pensil yang diberikan kepada mereka. Payne juga menduga bahwa hal tersebut dapat terjadi karena anak-anak lebih sering mengggunakan layar sentuh. Gangguan motorik tersebut bisa menyebabkan anak-anak mengalami kesulitan menulis yang disebut dengan dengan istilah motor dysgraphia.

Terapis pediatrik dari Brunel University London, Mellissa Prunty, menyampaikan bahwa kemampuan menulis adalah kemampuan yang sangat individual bagi anak. Jadi, ia menghimbau para orangtua untuk terus memperhatikan anaknya agar tidak mengalami gangguan dalam memegang maupun menulis dengan pensil.


Sumber: Doktersehat.com