APAAA? TERNYATA GEMUK BISA MENULAR???

Banyak perempuan yang berusaha mati-matian untuk menurunkan berat badan. Saat gemuk, Anda mungkin akan merasa kurang percaya diri sehingga Anda ingin menurunkan berat badan. Hal ini tentu sangat wajar terjadi, karena selain membuat kurang percaya diri, badan yang gemuk juga kurang sehat. Namun, ada satu fakta mengenai kegemukan yang tidak banyak diketahui orang-orang. Ternyata, sebuah penelitian di University of Southern California menemukan bahwa seseorang yang tinggal di lingkungan yang terdapat banyak kasus obesitas akan mudah terserang obesitas juga. Artinya, kegemukan yang dialami oleh seseorang dapat menular ke orang-orang di sekitarnya. Bagaimana bisa? Berikut ini adalah beberapa penyebab kegemukan dapat menular.

Pola Makan

Lona Sandon dari University of Texas mengungkapkan bahwa pola makan bisa menjadi media mengapa seseorang mudah tertular kegemukan. Menurut Lona, orang-orang yang berada di sekitar kita akan mempengaruhi perilaku, nilai, serta keyakinan diri kita sendiri. Begitu juga dengan pola makan. Bila orang-orang di sekitar Anda memiliki pola makan yang buruk, tentu Anda juga akan memiliki pola makan yang mirip dengan mereka.

Gaya Hidup

Tak hanya pola makan, gaya hidup juga bisa menular pada Anda sehingga badan cepat menggemuk. Remaja yang suka nongkrong di kafe maupun restoran cenderung memiliki kesempatan lebih besar untuk bertambah gemuk karena sulit menolak makanan manis dan berlemak. Apalagi bila kebiasaan tersebut tidak dibarengi dengan olahraga yang rutin.

Penularan Melalui Spora

Orang-orang yang memiliki masalah obesitas cenderung terjangkit infeksi Clostridium difficile. Kuman ini dapat mengganggu sistem metabolisme sehingga seseorang mengalami obesitas. Sayangnya, kuman ini dapat menjangkit orang lain melalui spora. Dengan demikian, proses metabolisme ikut terganggu dan mengakibatkan kegemukan. Hal ini sudah diteliti oleh Wellcome Trust Sanger Institute.

Partner Makan yang Salah

Yang terakhir, obesitas maupun kegemukan bisa ditularkan melalui partner makan. Ilmuwan dari Cornell University menemukan bahwa dengan siapa Anda makan akan cenderung berpengaruh pada nafsu dan pola makan. Bila partner makan Anda kurang menjaga ppola makan, maka bisa jadi Anda juga akan mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, penting untuk memiliki partner yang memiliki komitmen kuat untuk hidup sehat agar Anda tidak ketularan gemuk.