BUMIL BOLEH PAKAI HIGH HEELS NGGAK SIH?

Kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh suami istri. Ketika hamil, sudah semestinya bagi seorang perempuan untuk menjaga kehamilannya. Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil, seperti nutrisi yang harus diserap tubuh, maupun cara dalam beraktivitas. Diakui atau tidak, saat hamil seorang perempuan pasti merasa lebih malas dalam beraktivitas. Hal ini terjadi karena badan menjadi lebih mudah lelah. Tak hanya itu, kaki pun lebih cepat pegal dan bahkan membengkak akibat menumpu berat badan. Nah, bagi ibu hamil, penting untuk mengetahui jenis alas kaki yang dipilih agar tetap nyamat berjalan meskipun kaki membengkak dan tumit terasa nyeri.

Hal yang paling utama harus dilakukan oleh ibu hamil adalah menghindari sepatu hak tinggi. Jenis sepatu ini sebaiknya tidak dipakai karena bisa berbahaya. Tekanan pada ujung kaki justru lebih besar sehingga mengakibatkan pembengkakan lebih parah. Tak hanya itu, memakai alas kaki yang tinggi bisa mengurangi keseimbangan kaki ibu hamil. Oleh karenanya, akan lebih baik untuk menghindari menggunakan sepatu hak tinggi.

Jenis alas kaki yang seharusnya dipilih oleh ibu hamil adalah alas kaki yang mudah dipakai dan dilepas tanpa perlu membuat ibu hamil membungkuk untuk melepasnya. Membungkuk bisa berbahaya untuk keselamatan janin, jadi sebaiknya dihindari.

Tak hanya itu, ibu hamil juga harus memilih alas kaki yang lentur dan bisa mengikuti lengkungan kaki dengan baik. Bila alas kaki yang dipilih tepat, ibu hamil tidak perlu merasakan nyeri pada pergelangan kaki.

Pada kondisi normal, rasanya memang lebih nyaman memilih sandal yang pas di kaki. Namun, saat hamil lebih dianjurkan untuk memilih sandal dengan ukuran setengah atau satu nomor lebih besar. Pasalnya, kaki akan cenderung membengkak saat hamil sehingga sandal berukuran sedikit lebih besar akan lebih nyaman.

Selanjutnya Anda juga lebih dianjurkan untuk memilih jenis alas kaki yang memiliki banyak sirkulasi udara. Hal ini disebabkan kaki mudah berkeringat sehingga akan lebih baik bila sirkulasi udara dapat terjadi dengan mudah.

Bila Anda lebih banyak berjalan saat hamil, akan lebih baik bagi Anda untuk memilih sepatu sneaker. Namun, jika Anda ingin lebih stylish, maka disarankan untuk memakai sepatu loafer. PIlih yang tidak berhak tinggi, dan nyaman saat dikenakan.


Sumber: Kompas.com