HOBI OLAHRAGA MALAM? BERMANFAAT NGGAK YA?

Olahraga tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain memperlancar peredaran darah, olahraga juga bisa membantu Anda menjadi lebih segar. Oleh karena itu, setiap orang diwajibkan untuk berolahraga setidaknya seminggu sekali. Namun, tidak semua orang punya waktu untuk olahraga. Kesibukan pekerjaan maupun mengurus anak terkadang menghalangi seseorang untuk berolahraga. Sebagai gantinya, sebagian besar orang memilih untuk berolahraga di malam hari saat aktivitas sudah berakhir. Apakah berolahraga pada malam hari baik untuk tubuh?

Seorang dokter spesialis kedokteran olahraga, dr. Michael Triangto, SpKO, menyatakan bahwa waktu berolahrga tidak harus spesifik pada jam tertentu. Jadi, berolahraga baik pada pagi, siang, maupun malam hari bukanlah masalah selama konteksnya untuk menjadi sehat. Yang jadi perbedaan hanyalah jika Anda berolahraga pada malam hari Anda tidak akan mendapatkan asupan vitamin D yang bisa didapatkan dari sinar matahari. Untuk mengimbanginya, Anda bisa mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya akan vitamin D. Selain itu, ada banyak manfaat dari olahraga malam.

Olahraga pada malam hari akan sangat membantu Anda untuk merasakan berbagai manfaat yang tidak akan didapat bila Anda berolahraga di pagi hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat berolahraga di malam hari:

1. Otot lebih cepat berkembang karena kandungan kortisol dalam tulang tak sebanyak saat pagi hari

2. Perut tidak akan terlalu penuh saat akan tidur

3. Waktu berolahraga lebih lama

4. Dapat membantu melepas stress pekerjaan

5. Tidur lebih nyenyak.