HOBI BEGADANG? JANGAN KAGET KALAU JADI PIKUN!

Apakah Anda suka begadang? Begadang sering menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki banyak tugas atau harus menyelesaikan kewajiban-kewajiban mereka. Banyak orang yang merasa tidak masalah untuk begadang karena mereka sudah terbiasa. Sebagai teman begadang, mereka memilih kopi atau makanan lain yang bisa membantu mereka untuk tetap terjaga.

Tak hanya itu, terkadang ada juga beberapa orang yang memilih begadang karena mereka ingin menonton film favorit secara marathon. Meskipun seru, tentunya penting untuk diketahui bahwa begadang tidak selalu baik untuk kesehatan. Banyak hal negatif yang akan terjadi pada tubuh bila terus menerus begadang. Pola tidur yang kacau adalah salah satu akibat dari begadang. Tak hanya itu, berat badan pun bisa melonjak drastis karena metabolisme tubuh terganggu.

Studi di Belanda menyebutkan bahwa dampak buruk begadang ternyata tak hanya jangka pendek. Sekelompok peneliti dari Radboud Medical Center di Nijmegen, Belanda menemukan bahwa kadar amyloid beta dalam otak mereka yang suka begadang meninggi. Padahal, kadar amyloid beta dalam otak dapat menambah resiko seseorang terserang alzheimer.

Kadar amyloid beta dalam otak yang terus menerus meninggi dapat mengendap dan bisa menyebabkan seseorang lebih mudah pikun. Namun, bila Anda tidur nyenyak dan tidak begadang, kadar amyloid beta dapat terus menurun. Jadi, bila Anda tidak ingin menjadi mudah pikun, yang harus dilakukan hanyalah meningkatkan kualitas tidur agar kadar amyloid beta dalam otak tidak meningkat.


Sumber: Liputan6.com