HOBI PAKAI MAKEUP WAKTU SAKIT? EITS, HATI-HATI, HARUS DIBUANG LHO!

Seringkali, meskipun sedang sakit Anda ingin tampil maksimal. Anda mengaplikasikan berbagai jenis makeup untuk membuat wajah Anda yang pucat menjadi lebih berwarna. Tidak banyak yang tahu bahwa menggunakan makeup saat sedang sakit ternyata bisa membahayakan Anda di masa depan. Pakar kesehatan meyakini bahwa makeup harus dibuang apabila Anda memakainya saat sedang sakit. Meskipun terasa sayang, ternyata hal tersebutlah yang harus Anda lakukan. Pasalnya, makeup yang dipakai saat sedang sakit bisa menyimpan bakteri-bakteri penyakit yang mungkin bisa menulari Anda di masa depan. Lalu, makeup apa sajakah yang harus dibuang?

1. Makeup Bibir

Mungkin Anda memakai berbagai jenis pemulas bibir sesuai dengan mood Anda, apalagi saat Anda sakit. Ketika sakit, mungkin Anda ingin memoles bibir dengan warna cerah agar tidak tampak pucat. Padahal, menurut Harold Lancer, MD, seorang dermatolog dari New York, mengemukakan bahwa garis bibir berhubungan dengan sinus dan jalur pernapasan yang merupakan tempat virus dan bakteri menyebar. Jadi, kemungkinan besar saat Anda mengoleskan lipstik ke bibir, yang terjadi adalah kuman dan bakteri menempel di lipstik Anda. Apalagi, jika Anda memakai produk bibir yang berkuas. Kuas akan menyampur kuman ke sisa lipstik Anda. Dengan demikian, sisa produk pun akan terkontaminasi bakteri dan sulit untuk disterilisasi lagi. Anda harus membuangnya bila Anda memakainya saat sakit.

2. Makeup Mata

Makeup mata juga harus dibuang apabila Anda memakainya saat sedang menderita konjungtivitis. Pernyataan ini didukung oleh spesialis bedah plastik di Houston, Bob Basu, M.D. Menurut Bob, pilihan terbaik yang harus dilakukan adalah membuang makeup mata tersebut agar nantinya tidak membuat Anda terjangkit konjungtivitis lagi.

3. Kuas Makeup

Kuas tentunya adalah senjata utama yang Anda pakai untuk melukis wajah. Tapi, Anda tidak perlu khawatir harus membuang kuas makeup meskipun sudah Anda pakai sewaktu sakit. Kabar baiknya, kuas makeup yang Anda pakai bisa dibersihkan. Anda bisa menggunakan cairan antibakteri untuk mencuci semua kuas makeup Anda. Suzanne Friendler, M.D., seorang dermatolog asal New York menyarankan untuk memakai kuas sekali pakai saat sakit. Namun, jika tak ada, pastikan Anda segera mencuci kuas makeup yang digunakan saat sakit. Dengan demikian, bakteri dapat tercuci dan kuas steril lagi.


Sumber: Liputan6.com