PERAWATAN PASCA OPERASI CAESAR YANG WAJIB IBU KETAHUI

Setelah operasi caesar, banyak perempuan yang bertanya-tanya, kapan ya rasa sakitnya hilang. Perlu diperhatikan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat pemulihan rahim pasca operasi caesar.

Kurangi Gerakan

Ruang gerak ibu setelah operasi caesar harus dibatasi. Usahakan untuk meminimalisir gerakan perut agar tidak terjadi pembekuan darah atau aliran darah naik ke paru-paru. Jangan membungkuk untuk mengangkat bayi. Mintalah tolong pada suami untuk mengangkat bayi dan memberikannya ke pangkuan ibu.

Patuhi Jadwal Minum Obat

Pastikan ibu meminum semua obat yang diresepkan oleh dokter untuk mencegah peradangan dan menyembuhkan luka operasi. Hal ini juga harus diimbangi dengan minum banyak air putih ya agar ibu tidak dehidrasi.

Jangan Panik Saat Pendarahan

Terkadang, ibu menjadi panik ketika muncul pendarahan setelah operasi caesar. Sebenarnya, tidak perlu panik karena hal tersebut normal terjadi karena pendarahan tersebut justru membersihkan rahim setelah plasenta keluar dalam proses persalinan caesar. Yang harus diperhatikan adalah bila terjadi infeksi pada luka bekas operasi.

Penuhi Asupan Gizi

Terakhir, pastikan juga bahwa asupan gizi yang dikonsumsi oleh ibu hamil cukup. Mulai dari vitamin C, serat, protein, zat besi, dan kalsium yang bisa didapat di berbagai sayuran, buah, serta lauk pauk yang sehat. Satu lagi, jangan sampai ibu hamil kurang istirahat ya karena akan mengganggu proses penyembuhan rahim


Sumber: Doktersehat.com