KOMEDO MASIH MEMBANDEL? TERNYATA BISA DIATASI DENGAN CARA INI!

Komedo adalah salah satu masalah yang sering mengganggu kebersihan kulit wajah. Pada hidung, muncul bintik-bintik hitam yang apabila dipencet mengeluarkan lemak putih. Komedo yang membandel tentu sangat menyebalkan. Banyak perempuan yang berupaya menemukan skin care yang tepat agar terlepas dari jerat komedo. Komedo atau blackhead muncul karena adanya percampuran minyak dan sel kulit mati yang terjebak di pori-pori kulit wajah. Komedo paling sering muncul di hidung karena pori-pori di hidung lebih besar dan banyak dibanding pori-pori di bagian wajah lainnya. Mungkin Anda sering memilih untuk memencet komedo agar kulit segera bersih. Padahal cara tersebut tidak higienis. Untuk mengatasi komedo, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Pakai Skincare dengan Rutin

Diakui atau tidak, menggunakan skincare secara rutin adalah hal yang sulit dilakukan oleh perempuan karena malas atau tak punya waktu. Padahal, memakai skincare secara rutin sangat membantu untuk mengatasi komedo. Namun, pilih skincare yang berlabel -non-comedogenic’ karena beberapa skincare justru mengandung minyak dan wax yang dapat memicu komedo.

Memakai Retinoid

Retinoid memang sering dianggap ampuh untuk melawan jerawat. Bahan ini juga bisa digunakan untuk memberantas komedo. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit agar mengetahui kadar yang tepat untuk wajah Anda.

Eksfoliasi

Mungkin Anda sudah rutin melakukan eksfoliasi. Cara ini memang tepat untuk mengangkat sel kulit mati. Lakukan secara rutin setiap seminggu sekali, baik dilakukan sendiri maupun di klinik kecantikan. Dengan demikian, sel-sel kulit mati dapat terangkat dan tidak mengendap menjadi komedo.

Melembabkan Kulit

Selain dieksfoliasi, Anda juga harus memperhatikan kelembaban kulit. Biasanya, proses eksfoliasi akan menyebabkan kulit menjadi kering. Pilih produk pelembab yang dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Dengan demikian, komedo tidak akan muncul di hidung Anda.