ASAM URAT NORMAL WANITA ITU BERAPA DAN BAGAIMANA MENJAGANYA?

Risiko memiliki kadar asam urat yang tinggi bisa memicu rasa ketidaknyamanan, lho. Sebab, orang yang mempunyai asam urat tinggi biasanya akan kesulitan dalam berjalan sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu tahu berapa asam urat normal wanita dan bagaimana menjaganya agar tidak pada angka yang tinggi.

Pada dasarnya asam urat merupakan produk akhir hasil dari metabolisme senyawa purin. Artinya, pembentukannya ini tergantung jumlah purin pada makanan yang dikonsumsi. Dalam keadaan normal, asam urat berperan penting sebagai antioksidan yang berfungsi dalam proses perbaikan sel. Sayangnya, jika kadarnya terlalu tinggi justru menjadi bumerang bagi Sobat Sehat.

Berapa Asam Urat Normal Wanita?

Gejala asam urat tinggi yang paling sering terjadi adalah munculnya rasa nyeri di kaki, khususnya pada bagian jempol. Hal ini terbukti pada sebuah penelitian di mana hampir 90 persen penderita asam urat tinggi pasti mengalami rasa nyeri tersebut.

Bahkan, pada kondisi yang lebih serius, kristal-kristal tajam akibat asam urat juga bisa muncul di bagian lutut, tangan, siku, dan sendi lainnya. Keadaan tersebut dapat menyebabkan rasa sakit yang tak terkira dan sulit dalam menggerakkan salah satu bagian tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga agar kadar asam urat dalam angka normal. Namun, berapa sih asam urat normal wanita yang harus diperhatikan? Berikut penjelasannya:

  • Kadar asam urat 3,6 miligram/desiliter hingga 4 miligram/desiliter untuk perempuan berusia 10-18 tahun

  • Asam urat yang 2 miligram/desiliter hingga 6,5 miligram/desiliter untuk perempuan di atas 18 tahun.

  • Kadar asam urat 2 miligram/desiliter hingga 8 miligram/desiliter untuk perempuan yang mendekati waktu menopause atau sudah mengalaminya.

Penyebab Asam Urat Tinggi

Kadar asam urat dalam tubuh ini tidak meninggi secara tiba-tiba, lho, karena ada beberapa hal yang dapat memicunya. Oleh karena itu, untuk memastikan asam urat normal wanita, Sobat Sehat perlu menghindari beberapa penyebab asam urat tinggi.

Nah, berikut beberapa faktor yang bisa membuat kadar asam urat tinggi dalam tubuh:

  • Kelebihan berat badan (obesitas) karena tubuh akan memproduksi uric acid yang lebih banyak padahal ginjal sulit untuk mengeluarkan senyawa tersebut.

  • Kondisi medis seperti darah tinggi, diabetes, penyakit hati, dan penyakit ginjal.

  • Sedang mengonsumsi jenis-jenis obat tertentu.

  • Umur dan jenis kelamin, di mana asam urat lebih sering menyerang kaum pria.

  • Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi purin, seperti seafood, daging merah, dan minuman beralkohol.

  • Tingginya kadar trigliserida, salah satu jenis lemak yang mengalir dalam pembuluh darah manusia.

  • Ada riwayat keluarga yang pernah mengalami penyakit asam urat

Cara Menjaga Asam Urat Normal Wanita

Asam urat tinggi memang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari dengan menghasilkan rasa nyeri di beberapa bagian tubuh. Namun, keadaan ini bisa Sobat Sehat cegah dengan beberapa gaya hidup sehat yang perlu dipraktikan dari sekarang, contohnya:

  • Memenuhi kebutuhan air putih setiap hari, paling tidak 1,5 hingga 2 liter.

  • Meningkatkan konsumsi makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayur.

  • Rajin berolahraga, minimal 150 menit dalam sepekan.

  • Mengurangi asupan makanan dan minuman manis atau yang mengandung gula tinggi.

  • Atur pola makan yang bergizi seimbang dan kurangi makanan yang memiliki kandungan purin tinggi.

  • Rutin melakukan cek asam urat di Apotek K-24 paling tidak 1 kali dalam 6 bulan kalau tidak memiliki keluhan. Hal ini berguna untuk memonitor kondisi tubuh Sobat Sehat sendiri dan mengambil langkah antisipasi sejak dini kalau dibutuhkan.

Oh iya, cek kesehatan di Apotek K-24 ini bisa dilakukan kapan saja, lho, mulai dari cek asam urat, cek gula darah, cek tensi darah, hingga cek kolesterol. Bahkan, setiap tanggal 24 sendiri, Apotek K-24 pasti memberikan diskon spesial bagi Sobat Sehat yang mau melakukan cek kesehatan.

Melihat penjelasan di atas, menjaga asam urat normal wanita ini bisa dimulai dengan menerapkan gaya hidup sehat dan rutin memeriksa kondisi tubuh setiap periode. Jadi, jangan sepelekan kebiasaan sehari-hari, ya. Yuk, jaga asam urat normal wanita dan pria bersama Apotek K-24!