MENGENAL FISTULA ANI DAN PENYEBABNYA

Sobat Sehat, pernah gak mengalami rasa perih di area anus? Kondisi ini bisa jadi disebabkan oleh fistula ani. Hmm, apaan tuh?

Fistula ani adalah kondisi terbentuknya saluran abnormal di antara ujung usus besar dan kulit pada area anus dan dubur. Hal ini disebabkan oleh adanya infeksi yang berkembang menjadi benjolan yang berisi nanah di area anus. Bila kondisi ini tidak diatasi, maka nanah akan mencari jalan keluar sehingga membentuk saluran di bawah kulit sampai ke anus.

Pada sebagian orang, fistula ani yang tidak ditangani dapat menyebabkan nyeri dan pembengkakan di sekitar anus sehingga nanah yang keluar pun berbau busuk. Ada beberapa penyebab yang membuat fistula ani muncul, yaitu penyakit crohn, cedera pada anus, divertikulitis, tumor atau kanker pada usus besar, penyakit menular seksual, infeksi bakteri, terapi radiasi, dan komplikasi operasi pada area anus.

Kondisi ini biasanya menyerang pria yang berusia di antara 20-40 tahun dan memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Risiko lebih tinggi juga mengincar mereka yang menderita diabetes, memiliki kebiasaan merokok, menderita kolesterol tinggi, dan jarang berolahraga.

Pastikan untuk segera berkonsultasi ke dokter jika sudah merasakan nyeri atau bahkan keluar darah saat buang air besar. Dengan demikian, kondisi fistula ani yang dialami dapat segera ditangani.