KENALI! INI PENYEBAB SELANGKANGAN GATAL

Sobat sehat, pernahkah merasakan gatal di area selangkangan? Kondisi seperti ini tentunya sangat membuat tidak merasa nyaman ya.

Gatal di selangkangan bisa diakibatkan oleh berbagai macam hal. Cara mengatasinya pun juga harus disesuaikan dengan penyebabnya. Karenanya sangat penting untuk mengetahui penyebab rasa gatal pada selangkangan. Yuk kita bahas apa saja penyebabnya!

  1. Infeksi jamur

Biasanya, gatal pada selangkangan diakibatkan oleh infeksi jamur dermatofita atau yang juga biasa disebut tinea cruris. Umumnya, jamur ini bisa cepat berkembang biak karena kondisi selangkangan yang lembab dan hangat. Jamur ini akan membuat area selangkangan Anda menjadi merah, kasar/bersisik, hingga mengalami rasa gatal.

Untuk mencegah perkembangbiakan jamur ini pada area selangkangan, kita dapat menggunakan obat anti jamur. Biasanya, obat ini berupa salep atau bedak dan bisa didapatkan secara bebas di apotek. Namun apabila kondisinya tak kunjung membaik setelah diberi obat tersebut, sobat sehat perlu mengkonsultasikannya ke dokter agar mendapatkan resep salep maupun obat anti jamur lain yang lebih cocok untuk kondisi sobat sehat.

  1. Molluscum contagiosum

Virus Molluscum contagiosum dapat menyebabkan timbulnya benjolan seperti kutil pada bagian bawah lapisan kulit atas. Kondisi ini disebabkan oleh kontak langsung dengan orang yang terinfeksi seperti melalui hubungan intim atau melalui sentuhan benda yang terkontaminasi virus seperti pada handuk atau pakaian.

Apabila Anda mengalami ciri-ciri Molluscum contagiosum, Anda sebaiknya hindari untuk menggaruk bagian benjolan dan menyentuh bagian tubuh lain. Selain itu, pemakaian handuk atau pakaian yang sama dengan orang lain dan mencuci pakaian dengan klorin (pemutih) atau air panas untuk meminimalisir dan membunuh virus.

  1. Iritasi atau alergi

Reaksi iritasi atau alergi juga bisa menyebabkan gatal pada bagian selangkangan. Ada berbagai faktor yang dapat memicunya. Mulai dari celana yang terlalu ketat, semprotan genital, tisu basah, hingga pembalut.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan krim atau lotion anti gatal yang dapat memberi sensasi dingin pada kulit sehingga Anda tidak menggaruknya terlalu sering hingga menyebabkan luka.

Itulah beberapa contoh penyebab dan cara mengatasi rasa gatal pada selangkangan. Tetap jaga kebersihan demi menjauhkan organ vital dari penyakit.

 

Source: Dikutip dari berbagai sumber