CATAT! BAHAN SKINCARE INI NGGAK BOLEH DIPAKAI BERSAMAAN

Mengkombinasikan berbagai produk skincare merupakan hal yang menggiurkan bagi kaum hawa. Alasannya adalah agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal. Padahal ada beberapa kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan lho. 

Mencampur beberapa kandungan skincare dengan sembarangan bisa jadi tidak akan membuat kulit menjadi lebih baik. Malah hasilnya justru mengecewakan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kandungan skincare apa saja yang tidak boleh dicampur atau dipakai secara bersamaan. Simak info selengkapnya ya!

Glycolic Acid dan Azelaic Acid

Hindari untuk mengkombinasikan kedua zat ini ya Sobat Sehat! Glycolic Acid berfungsi untuk mengeksfoliasi dan meremajakan kulit, sementara Azelaic memiliki sifat antimikroba dan eksfoliasi. Jika Anda mengkombinasikan keduanya, kulit dapat terkelupas, terasa terbakar dan sangat perih.

Vitamin C dan Peptide

Vitamin C dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Meski begitu, Vitamin C akan teroksidasi dan berubah warna jika berinteraksi dengan peptide. Karenanya, vitamin C tak bisa memberikan manfaat secara maksimal jika Anda “mempertemukan” dengan produk yang mengandung peptide.

Vitamin C dengan Benzoil Peroksida

Seperti halnya peptide, benzoil peroksida pun bisa mengoksidasi vitamin C sehingga bisa berubah warna dan tidak bisa bekerja dengan baik. Jika Anda ingin tetap menggunakan kedua zat tersebut, pastikan untuk memakainya secara bergantian atau berbeda hari ya!

Vitamin C dan Retinol

Retinol bisa bekerja dengan aktif saat kadar pH lebih tinggi atau basa. Sedangkan vitamin C hanya bisa bekerja di lingkungan dengan pH rendah atau asam. Keduanya dapat bekerja secara maksimal pada kondisi pH yang berbeda. Karenanya, saat dipakai bersama, keduanya tak akan bisa bekerja secara maksimal.

AHA / BHA dan Vitamin C

Meskipun masing-masing bisa mencerahkan kulit, melapisi wajah dengan produk yang mengandung AHA/BHA dan Vitamin C justru tak bisa membuat kulit menjadi lebih cerah lho. Jika keduanya digabung, efek samping yang mungkin terjadi adalah iritasi kulit. Karenanya, Anda bisa menggunakan kedua produk ini dalam waktu yang berbeda. Misalnya skincare vitamin C di pagi hari dan AHA/BHA di malam hari.

Niacinamide dan Vitamin C

Vitamin C yang bisa mencerahkan kulit akan berinteraksi secara negatif atau bertolak saat pemakaiannya digabungkan dengan niacinamide. Tak hanya itu, jika keduanya digabung pun justru bisa menyebabkan warna kulit jadi tak merata. Karenanya, jangan mencampur kedua bahan ini ya!

Niacinamide dengan AHA/BHA

Niacinamide tak dianjurkan untuk dikombinasikan dengan produk skincare yang mengandung AHA/BHA. Sebab, hasil eksfoliasi justru tak akan terjadi secara sempurna dan kulit bisa jadi iritasi. Hindari untuk menggabungkan keduanya ya!

Retinol dan AHA/BHA

Berbagai masalah kulit memang bisa teratasi dengan penggunaan retinol dan AHA/BHA. Misalnya seperti jerawat hingga kulit yang kusam. Meski begitu, mengkombinasikan keduanya justru bisa membuat kulit Anda mengelupas dengan berlebihan, merah, dan perih akibat iritasi. 


Dunia skincare memang cukup kompleks. Jika Anda memiliki masalah kulit dan bingung harus menggunakan produk apa karena khawatir dengan efek samping yang terjadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar bisa berikan rekomendasi produk perawatan  yang sesuai dengan kondisi kulit. 


Source: Dikutip dari berbagai sumber