DEAR KAUM REBAHAN, MALAS GERAK BISA MEMICU PENYAKIT LHO!

Kapan terakhir kali Sobat Sehat melakukan aktivitas fisik tertentu? Apakah Sobat Sehat merupakan salah satu dari kaum mager alias malas gerak? Awas, malas gerak bisa menyebabkan Anda berisiko terkena penyakit lho!

Malas gerak atau gaya hidup sedentari merupakan pola perilaku manusia yang minim aktivitas atau gerakan fisik. Biasanya mereka yang memiliki gaya hidup ini adalah para pekerja kantoran yang menghabiskan waktunya duduk di balik meja kerja. Setelah selesai bekerja seharian pun biasanya para pekerja akan langsung beristirahat untuk melepas lelah. Tak hanya itu, orang-orang yang malas gerak pun kerap memanfaatkan layanan online untuk mengantarkan barang-barang yang dibutuhkan di depan rumah, sehingga sangat praktis dan tidak memerlukan usaha gerak yang berlebih. Apakah Anda merupakan salah satu orang tersebut?

Kebiasaan malas gerak tentunya perlu diubah. Sebab, kurangnya aktivitas fisik bisa menyebabkan seseorang berpotensi mengalami beberapa penyakit yang dapat berujung pada kematian. Menurut data dari Kemenkes, penyebab kematian terbanyak di Indonesia saat ini disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular. Misalnya seperti stroke, diabetes, penyakit ginjal kronis, juga hipertensi.

Tak hanya itu, menurut data dari European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) pada tahun 2018, kematian akibat kebiasaan malas gerak jumlahnya dua kali lipat dibandingkan kematian akibat obesitas. Apalagi jika gaya hidup mager ini diikuti dengan pola makan yang tidak seimbang juga kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok atau minum alkohol, risiko terjadinya masalah kesehatan pun akan semakin banyak.

Aktivitas fisik dapat meningkatkan kebugaran jantung, paru, kekuatan dan daya tahan otot juga menurunkan risiko Penyakit Tidak Menular. Anda dapat menghindari risiko yang diakibatkan oleh kebiasaan malas gerak dengan cara meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari. Jangan malas berolahraga ya Sobat Sehat!

Source:

Dikutip dari berbagai sumber