TEROBSESI MAKANAN SEHAT, TERMASUK KELAINAN MENTAL LHO!

Setiap orang tentunya ingin menjadi sehat. Ada banyak cara untuk menjadi sehat, seperti olahraga dan memakan makanan yang sehat dan bergizi. Begitu banyaknya orang yang ingin sehat membuat tren makanan sehat menjadi populer belakangan ini. Tren makanan sehat tersebut tentu juga diikuti dengan tren olahraga yang asyik seperti yoga serta tren diet yang hits seperti diet mayo, paleo, vegetarian, alkali, dan masih banyak diet hits lainnya.

Keinginan untuk menjadi sehat tentunya dimiliki oleh setiap orang. Namun, ada sebagian orang yang merasa hidupnya tidak akan aman bila tidak makan makanan sehat. Bila Anda juga merasakan hal demikian, bisa jadi Anda sudah mengidap orthorexia nervosa. Sindrom ini adalah kondisi dimana seseorang merasa tertekan karena wajib untuk makan makanan yang bersih, mentah, dan bila diolah pun tidak terlalu matang.

Bagi mereka yang sudah mengidap sindrom ini akan memilih makan makanan yang dipanaskan dengan suhu tidak lebih dari 44 derajat celcius. Hal ini dilakukan agar enzim dan mikroba yang terkandung dalam makanan tersebut tidak hilang atau mati. Tak hanya itu, penderita orthorexia nervosa juga tidak mau memakan makanan yang mengandung gluten. Pada dasarnya, penderita sindrom ini memiliki obsesi yang besar untuk hidup sehat. Orthorexia nervosa termasuk dalam salah satu gangguan makan seperti anorexia atau bulimia, meskipun belum secara resmi disebut di DSM-5.

Meskipun terlihat terobsesi dengan kesehatan, penderita orthorexia bisa jadi justru tidak sehat. Hal ini disebabkan oleh kekurangan nutrisi tubuh karena hanya makan makanan yang terlihat sehat saja. Karena menghindari gluten, penderita menolak makanan sehat seperti biji-bijian. Sebagai akibatnya, ia akan kekurangan nutrisi lain yang terkandung dalam biji-bijian tersebut.

Untuk mengatasi kelainan tersebut, penderita orthorexia nervosa harus menyadari bahwa menjadi orang yang sehat dengan makan makanan sehat saja tidak akan membawa kebaikan apa pun dalam diri mereka. Ada lebih banyak hal yang bisa didapatkan dengan memakan makanan lain. Namun, tentu saja dibutuhkan waktu untuk menjadi tidak terobsesi dengan kesehatan lagi.


Sumber: Tribunnews.com