6 LAUK PAUK UNTUK PENDERITA ASAM LAMBUNG, BISA DIJADIKAN MENU SEHARI-HARI!

Tidak boleh asal makan merupakan salah satu kebiasaan yang perlu dipatuhi oleh penderita asam lambung. Sebab, salah makan sedikit saja bisa memicu kambuhnya asam lambung dan memunculkan rasa ketidaknyamanan pada perut. Jika demikian, apa saja lauk pauk untuk penderita asam lambung yang cocok untuk dijadikan menu sehari-hari?

Asam lambung naik memang bukan gangguan kesehatan yang berbahaya. Sayangnya, gangguan ini bisa mengganggu kegiatan sehari-hari karena gejalanya, seperti perut kembung, rasa panas di ulu hati, sakit perut, dan lain sebagainya. Bahkan, pada keadaan yang parah, beberapa penderita tidak mampu untuk bergerak karena menahan rasa sakitnya.

Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung

Kambuhnya asam lambung sendiri terkadang bisa dipengaruhi dengan makanan atau minuman yang masuk ke dalam perut. Oleh karena itu, dalam memilih makanan utama yang terdiri lauk pauk, sayuran, dan lain-lain ini tidak boleh sembarangan.

Lauk pauk sendiri merupakan makanan yang jadi sumber nutrisi protein bagi manusia, entah dari hewani atau nabati. Asupan protein ini sangat penting, ya, karena bisa menjadi sumber energi, membangun jaringan tubuh, membentuk antibodi, dan lain sebagainya.

Bagi penderita asam lambung sendiri, asupan protein dapat membantu untuk memberi rasa kenyang yang lama. Jadi, memilih lauk pauk untuk penderita asam lambung yang baik ini sangatlah penting untuk mencegah asam lambung naik, contohnya saja:

Ikan Salmon

Sumber protein yang baik bisa Sobat Sehat dapatkan dari ikan salmon. Tidak hanya rendah lemak, ikan salmon juga mengandung lemak omega-3 yang bisa mengurangi peradangan pada lambung. Namun, dalam mengolah ikan salmon ini jangan digoreng, ya. Sobat Sehat bisa memasak ikan salmon dengan cara merebus atau memanggangnya dengan rempah-rempah agar lebih nikmat.

Putih Telur

Telur ayam yang direbus juga bisa menjadi salah satu menu makan penderita asam lambung yang simple, lho. Berbeda dengan kuning telur yang tinggi lemak dan kurang baik untuk penderita asam lambung, putih telur justru memiliki kandungan protein yang cukup tinggi tapi rendah lemak. Jadi, kalau ingin makan telur, penderita asam lambung disarankan hanya pada bagian putih telurnya saja.

Dada Ayam

Lauk pauk untuk penderita asam lambung yang baik selanjutnya adalah aneka olahan dada ayam. Mengapa harus dada ayam? Ini karena daging ayam bagian dada tidak memiliki kandungan lemak tapi tinggi protein.

Sobat Sehat bisa mengolah dada ayam menjadi berbagai masakan, seperti sup ayam, ayam panggang, tumis ayam sayur, dan lain-lain. Oh iya, mengonsumsi dada ayam ini tidak disarankan dengan kulitnya, ya.

Tahu Tempe

Sumber protein yang dapat menjadi lauk pauk untuk penderita asam lambung ini jadi makanan favorit masyarakat Indonesia, yaitu tahu tempe. Tahu dan tempe merupakan bahan pangan yang berasal dari kedelai sehingga tinggi protein juga tanpa lemak yang aman untuk penderita asma lambung. Namun, dengan catatan Sobat Sehat tidak memasaknya dengan cara digoreng, ya.

Ikan Tuna

Selain kaya akan protein dan vitamin, ikan tuna ternyata memiliki karbohidrat yang rendah. Seperti yang Sobat Sehat tahu, terkadang lambung membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna karbohidrat sehingga bisa memicu asam lambung.

Sebab, makanan yang terlalu lama dicerna ini akan menghasilkan gas dan membuat perut kembung. Jadi, kalau tidak ingin kambuh asam lambungnya, Sobat Sehat dapat memilih ikan tuna sebagai menu makan.

Nah, itu dia beberapa lauk pauk untuk penderita asam lambung yang bisa Sobat Sehat coba untuk menghindari kambuhnya asam lambung naik. Kalaupun asam lambung naik sudah terlanjur kambuh, Sobat Sehat tidak perlu panik karena ada obat asam lambung yang ampuh di Apotek K-24 terdekat.

Pada umumnya, obat asam lambung ini efektif dalam mengurangi gejala refluks asam yang sangat mengganggu. Jadi, kalau tiba-tiba merasakan asam lambung, segera pergi ke Apotek K-24 terdekat, ya. Demikian ulasan tentang lauk pauk untuk penderita asam lambung, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga sistem pencernaan bersama Apotek K-24!