MINUM OBAT SETELAH MAKAN DURIAN APAKAH BOLEH ATAU JUSTRU MEMBERI EFEK SAMPING?

Banyak kabar yang berkembang di kalangan masyarakat kalau minum obat setelah makan durian itu cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sebab, minum obat yang disertai dengan makan durian ini katanya dapat memberikan reaksi racun dalam tubuh. Ternyata banyak orang yang mempercayainya hingga takut untuk makan durian ketika sedang proses pengobatan.

Minum obat memang tidak boleh sembarangan mengingat salah makan saja bisa menyebabkan interaksi obat atau efek samping yang tidak diinginkan. Hal inilah yang membuat banyak dokter menyarankan untuk mengonsumsi obat menggunakan air putih saja. Namun, tentu saja keinginan untuk makan obat dengan minuman atau makanan tertentu pasti ada.

Kandungan Buah Durian

Sebelum membahas minum obat setelah makan durian lebih dalam, tentu saja Sobat Sehat perlu tahu apa saja kandungan gizi yang ada di dalam buah tersebut. Menurut sebagian orang, durian memiliki rasa yang nikmat. Meski begitu, buah ini juga mengandung banyak nutrisi, lho.

Mulai dari serat, protein, vitamin B6, vitamin C, vitamin B2, kalium, zat besi, magnesium, kalsium, folat, tembaga, vitamin B1, dan lain sebagainya ada di dalam buah durian. Oleh karena itu, tidak heran kalau durian memiliki banyak manfaat, seperti:

  • Mencegah risiko penyakit kanker.

  • Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

  • Menjaga kesehatan tulang.

  • Mencegah berbagai penyakit jantung.

  • Mengatur tekanan darah, dan lain sebagainya.

Bolehkah Minum Obat setelah Makan Durian?

Walau buah durian mengandung nutrisi yang beragam dan memiliki banyak manfaat tapi Sobat Sehat tetap tidak boleh mengonsumsinya dengan berlebihan, lho. Sebab, durian adalah buah yang tinggi kalori dan lemak sehingga kurang baik kalau Sobat Sehat sedang menjalankan program diet.

Selain itu, bagi beberapa orang durian bisa memberikan reaksi alergi yang membuat gatal-gatal kulit, hidung berair, bersin-bersin, dan mata merah. Jika demikian minum obat setelah makan durian apakah boleh?

Menurut dr. Devika Yuldharia, sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan reaksi antara durian dengan konsumsi obat. Oleh karena itu, tidak ada larangan pasti mengenai makan buah dan minum obat secara berdekatan.

Sayangnya, buah durian sendiri adalah jenis buah yang mudah menghasilkan gas di dalam saluran pencernaan dan menimbulkan ketidaknyamanan. Inilah yang membuat banyak dokter menyarankan untuk memberi jarak antara minum obat setelah makan durian selama paling tidak 1-2 jam atau lebih.

Pemberian jarak waktu ini bertujuan agar tidak efek samping berlebih antara obat atau durian. Selain itu, Sobat Sehat juga disarankan untuk minum obat menggunakan air putih saja supaya terjamin lebih aman. Saat membeli obat Sobat Sehat juga sebaiknya berkonsultasi dengan apoteker terlebih dahulu agar obat yang dikonsumsi bisa optimal dalam mengurangi gejala gangguan kesehatan.

Oh iya, konsultasi bersama apoteker juga bisa dilakukan secara online, lho, melalui Halo Apoteker di website Apotek K-24 atau nomor WhatsApp masing-masing gerai Apotek K-24 terdekat. Jadi, jangan takut-takut untuk menghubungi Apotek K-24, ya, jika memiliki keluhan kesehatan karena Apotek K-24 siap melayani masyarakat Indonesia.

Demikian ulasan tentang minum obat setelah makan durian, semoga menjawab pertanyaan Sobat Sehat semua. Yuk, jaga kesehatan bersama Apotek K-24!