3 BAHAYA KOLESTEROL TINGGI DI USIA MUDA DAN CARA MENCEGAHNYA

Tidak hanya penyakit gula saja yang mengintai generasi muda, kini juga banyak anak muda memiliki kadar kolesterol yang tinggi tanpa mereka sadari. Padahal, banyak sekali bahaya kolesterol tinggi di usia muda yang bisa mengganggu kesehatan dan kehidupan di masa depan. Oleh karena itu, Sobat Sehat sebagai generasi muda perlu selalu menjaga asupan makanan setiap harinya.

Kolesterol tinggi juga menjadi salah satu masalah yang berbahaya karena komplikasinya sangat banyak. Bahkan, beberapa komplikasi ini masuk ke dalam kelompok penyakit yang bersifat silent killer lho. Hal ini berarti hanya akan disadari oleh penderita dan dokter ketika gangguan kesehatan sudah berbahaya.

Bahaya Kolesterol Tinggi di Usia Muda

Usia muda sebenarnya menjadi masa-masa di mana Sobat Sehat bisa lebih produktif dan memiliki kondisi fisik yang prima. Meskipun demikian, Sobat Sehat tetap harus hati-hati dengan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Sebab, kini banyak orang yang sudah punya kadar kolesterol tinggi walau masih di usia muda.

Ada beberapa penyebabnya, seperti kebiasaan mager (malas gerak), sering konsumsi gorengan, banyak makan makanan fast food, dan kebiasaan tidak sehat lainnya. Kolesterol dikatakan tinggi ketika jumlahnya melebihi dari angka 240 mg/dL.

Kolesterol yang tinggi biasanya tidak akan menimbulkan gejala yang berarti jika tidak parah atau tinggi. Namun, ada beberapa bahaya kolesterol tinggi di usia muda yang perlu diwaspadai, contohnya seperti:

Penyakit Jantung Koroner

Tinggi kolesterol di dalam tubuh nantinya akan menimbulkan penumpukan plak aterosklerosis di dalam pembuluh darah atau dinding arteri. Adanya plak tersebut akan membuat terjadinya penyempitan arteri koroner yang berfungsi mengalirkan darah ke jantung.

Jika pembuluh darah menyempit, pasokan darah dan oksigen untuk jantung pun juga akan berkurang. Akibatnya, penderita akan mengalami penyakit jantung koroner seperti serangan jantung.

Stroke

Umumnya, stroke dialami oleh orang-orang di usia tua yang beberapa organ dalamnya sudah mengalami penurunan fungsi. Namun, kini stroke juga menjadi salah satu bahaya kolesterol tinggi di usia muda, lho.

Menurut riset kesehatan dasar, kecenderungan stroke di usia muda ini selalu meningkat setiap tahunnya. Hal ini bisa terjadi karena ada kerusakan pada otak akibat kurangnya asupan darah dan oksigen. Sebab, ada plak yang menghambat aliran darah ke otak.

Penyakit Ginjal

Tidak hanya sistem kardiovaskular saja yang rentan, bahaya kolesterol ini juga bisa mengintai organ ginjal, lho. penumpukan lemak pada pembuluh darah juga bisa mengganggu aliran darah yang menuju ke organ ginjal. Bahkan, plak ini juga bisa berbentuk kristal-kristal dalam ginjal.

Keadaan ini bisa menyebabkan gangguan ginjal karena kerusakan pembuluh darah. Akibatnya fungsi ginjal pun akan menurun, di mana nantinya akan berakhir pada gagal ginjal.

Cara Menjaga Kadar Kolesterol di Usia Muda

Beberapa bahaya kolesterol tinggi di usia muda di atas sebenarnya bisa Sobat Sehat cegah dengan berbagai cara. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa Sobat Sehat mulai dari sekarang untuk mencegah penyakit berbahaya akibat kolesterol:

  • Menghindari makanan yang memiliki lemak jahat, seperti gorengan jeroan, daging olahan, makanan cepat saji, dan produk-produk olahan susu.

  • Banyak melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin, minimal 150 menit dalam sepekan untuk orang dewasa.

  • Berhenti atau hindari kebiasaan merokok karena rokok bisa merusak merusak struktur pembuluh darah.

  • Hindari minum minuman beralkohol.

  • Jika mampu, ganti minyak goreng menggunakan minyak kedelai untuk memasak atau menggoreng.

  • Rutin cek kadar kolesterol paling tidak satu kali dalam setahun.

Itulah beberapa bahaya kolesterol tinggi di usia muda yang perlu Sobat Sehat waspadai. Oh iya, Sobat Sehat bisa melakukan pengecekan kolesterol ini di Apotek K-24 terdekat, lho. Salah satu pelayanan yang diberikan Apotek K-24 adalah berbagai cek kesehatan, seperti cek tensi, cek gula darah, cek kolesterol, dan cel asam urat.

Jadi, untuk melakukan cek kesehatan ini Sobat Sehat tidak perlu jauh-jauh ke puskesmas atau rumah sakit. Tinggal datang saja ke Apotek K-24 terdekat yang ada di kota Sobat Sehat. Yuk, jaga kesehatan tubuh bersama Apotek K-24!