4 MANFAAT MINUM AIR PUTIH SAAT PUASA DAN TIPS UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN CAIRAN

Walaupun Sobat Sehat harus menahan lapar dan haus selama berpuasa tapi kebutuhan air tetap harus terpenuhi setiap hari. Sebab, manfaat minum air putih saat puasa ini sangat berpengaruh pada keadaan tubuh. Tanpa air putih yang cukup, organ-organ di dalam tubuh tidak akan mampu bekerja dengan baik. Sayangnya, minum air putih saat puasa ini terbilang cukup menyulitkan bagi sebagian orang.

Pada umumnya, tubuh manusia membutuhkan asupan air setidaknya 2 liter tiap hari. Ini karena hampir 70% tubuh manusia terdiri dari air. Kebutuhan air untuk manusia bisa dipenuhi dengan berbagai cara, seperti minum air putih, makan buah atau sayur, dan konsumsi makanan lainnya. Tidak tercukupinya cairan tubuh bisa menyebabkan masalah, apalagi jika Sobat Sehat sedang berpuasa.

Manfaat Minum Air Putih saat Puasa

Seperti yang Sobat Sehat tahu, puasa adalah momen di mana sebagian besar masyarakat Indonesia harus menahan makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Nah, jika tidak mengaturnya dengan baik, Sobat Sehat bisa merasakan haus ketika berpuasa, bibir kering, dan merasa lemas.

Selain melancarkan puasa, ada manfaat minum air putih saat puasa dari Kemenkes RI lainnya, seperti:

Menjaga Energi dalam Tubuh

Ketika tubuh kekurangan cairan, hal ini bisa menyebabkan dehidrasi. Keadaan ini dapat mengakibatkan kelemahan otot, di mana Sobat Sehat pasti akan merasa lelah, mudah lemas, dan kehilangan energi. Nah, minum air putih dengan cukup bisa menghindari hal tersebut karena membuat tubuh terhidrasi.

Membantu Metabolisme Tubuh

Salah satu fungsi minum air putih adalah agar metabolisme tubuh bisa terjaga dan berjalan lancar, apalagi jika air yang diminum ini air mineral. Sebab, kandungan mangan, magnesium, dan krom dalam air mineral bisa membantu proses metabolisme nutrisi makanan saat sahur. Kendati demikian, Sobat Sehat tetap perlu melakukan aktivitas fisik yang ringan, ya.

Menjaga Kesehatan Kulit selama Puasa

Manfaat minum air putih saat puasa selanjutnya adalah bisa menjaga kesehatan kulit tubuh. Masalah kulit kering merupakan hal yang sering dialami orang-orang berpuasa. Sebab, tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Oleh karena itu, Sobat Sehat disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas untuk membantu merawat kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Selain kesehatan kulit, kesehatan sistem pencernaan juga akan terjaga dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Melalui minum air putih ini bisa meningkatkan kinerja usus dan produksi empedu sehingga saluran pencernaan akan berjalan lebih efektif.

Selain itu, dengan minum air putih, buang air besar Sobat Sehat juga akan tetap berjalan lancar selama berpuasa. Namun, dengan catatan asupan serat dari sayur dan buah tetap terpenuhi.

Tips Minum Air Putih saat Puasa

Nah, jika sudah mengetahui manfaat minum air putih saat puasa, lalu bagaimana caranya untuk memenuhi cairan selama berpuasa ini? Berikut ada tips minum air putih saat puasa dengan pembagian 2-4-2 yang bisa Sobat Sehat terapkan:

  • 2 gelas saat buka puasa yang bisa dilanjutkan dengan makanan lainnya. Hal ini bisa dibagi 1 gelas untuk berbuka dan 1 gelas selepas ibadah.

  • 4 gelas air putih saat makan malam, yang bisa dilakukan secara berkala hingga malam hari menjelang waktu tidur.

  • 2 gelas air putih saat dini hari untuk sahur, di mana Sobat Sehat bisa membaginya saat bangun tidur dan setelah makan sahur.

Itu dia beberapa manfaat minum air putih saat puasa dan tips minum air putih saat puasa. Jangan sampai lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan, ya, karena sangat berdampak pada kesehatan tubuh. Nah, kalau tiba-tiba Sobat Sehat tidak memiliki air mineral ketika berbuka atau sahur bisa datang ke gerai Apotek K-24 langsung, lho.

Soalnya Apotek K-24 ini buka selama 24 penuh. Jadi, bila membutuhkan air mineral saat malam hari atau dini hari, Sobat Sehat bisa mendatangi Apotek K-24 terdekat.