SUSU UNTUK ORANG TUA, APAKAH PENTING DIMINUM SETIAP HARI?

Selama ini, minum susu identik dengan anak-anak yang membutuhkan banyak nutrisi untuk masa pertumbuhannya. Padahal, orang tua atau lansia juga membutuhkan nutrisi yang cukup dari susu untuk menjaga kesehatannya. Hal ini sering kali ditinggalkan karena orang tua merasa seperti anak kecil jika masih minum susu. Oleh karenanya, pahami manfaat susu untuk orang tua yang banyak dilupakan.

Susu adalah minuman yang menjadi sumber kalsium dan vitamin D terbesar yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Selain itu, susu juga mengandung protein hewani yang penting untuk mencegah stunting pada anak. Jadi, rasanya sayang sekali kalau Sobat Sehat sampai melewatkan minum susu hanya karena dianggap seperti anak kecil.

Manfaat Minum Susu untuk Orang Tua

Meskipun dibutuhkan dalam jumlah kecil, mineral dan vitamin untuk tubuh tetap harus terpenuhi setiap hari, lho. Sebab, tanpa vitamin dan mineral, organ-organ tubuh tidak akan mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Nah, vitamin dan mineral ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu, apalagi jika Sobat Sehat membutuhkan asupan kalsium dan vitamin D. Melalui nutrisi-nutrisi yang ada di dalamnya, susu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan orang tua atau lansia. Apa saja? Berikut penjelasannya:

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis ternyata bukan penyakit karena proses penuaan, lho. Tulang memang berisiko mengalami kerapuhan seiring dengan bertambahnya usia, apalagi jika hormon tubuh sudah tidak seimbang. Namun, kondisi osteoporosis sendiri bisa diperlambat dengan minum susu.

Sebab, kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu akan membuat tulang menjadi lebih padat. Alhasil, kerapuhan tulang akan terjadi lebih lambat dari orang yang tidak suka minum susu.

Mencegah Osteoarthritis

Susu untuk orang tua juga bermanfaat guna mencegah peradangan pada sendi atau sering disebut dengan osteoarthritis. Hal ini dibenarkan oleh Arthritis Foundation, yang menyebutkan protein, kalsium, dan vitamin D sangat berpotensi tinggi untuk menurunkan risiko peradangan sendi. Sebab, nutrisi dalam susu ini akan melindungi tulang dan mendukung fungsi persendian orang tua.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan gizi susu untuk orang tua ternyata juga bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan organ jantung. Kenapa bisa demikian? Selain baik untuk kesehatan tulang, susu juga berperan penting dalam menjaga tekanan darah pada orang tua atau lansia karena kandungan kaliumnya.

Kalium dalam susu memiliki fungsi dalam mengurangi efek natrium dalam tubuh dengan membuangnya lewat urine.

Menjaga Massa Otot

Protein adalah nutrisi yang tepat untuk lansia, apalagi ketika Sobat Sehat sudah sering mengalami sakit dan penurunan fungsi tubuh. Tubuh orang tua membutuhkan protein yang banyak agar massa dan kekuatan otot tetap terjaga. Otot ini nantinya akan berpengaruh pada sistem gerak manusia. Jadi, tidak heran kalau orang tua yang kekurangan protein akan mengalami masalah pergerakan tubuh.

Rekomendasi Susu untuk Orang Tua atau Lansia

Minum susu bagi lansia ini sebenarnya tidak ada aturan khususnya. Sebab, susu menjadi minuman alternatif yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, apalagi jika Sobat Sehat sedang malas makan. Oleh karena itu, ada beberapa rekomendasi susu untuk lansia di Apotek K-24 yang aman dikonsumsi, yaitu:

  • Anlene Gold 5X

  • Appeton 60+

  • Entrasol Gold (Vanila potongan 10000)

  • Entrasol Platinum

  • Ensure

  • Goldsure by Ensure

  • Diabetasol

Itu beberapa pilihan susu yang bisa Sobat Sehat minum untuk mencegah permasalah tulang atau gangguan kesehatan di hari tua. Oh iya, susu untuk orang tua Entrasol Gold rasa vanilla di Apotek K-24 ini sedang ada promo potongan harga sebesar Rp10.000,00 lho.

Promo ini hanya sampai tanggal 29 Februari 2024 saja, jadi kalau Sobat Sehat sedang sangat membutuhkannya, cepat-cepat datang ke Apotek K-24 terdekat, ya agar tidak kehabisan. Yuk, jaga kesehatan di hari tua bersama Apotek K-24!