5 MANFAAT MINUM SUSU DI PAGI HARI YANG BAIK UNTUK KESEHATAN

Susu menjadi salah satu minuman yang kerap dikonsumsi, apalagi bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Hal ini karena susu yang kaya nutrisi dan bisa menjadi teman sarapan. Namun, masih banyak orang yang bingung untuk minum susu pada pagi atau malam hari. Jika demikian, mari kenali apa saja manfaat minum susu di pagi hari yang tidak boleh ditinggalkan.

Bagi orang yang sering melewatkan sarapan, minum susu biasanya menjadi salah satu jalan keluar. Selain cepat untuk dihabiskan, ada banyak dampak positif dari mengonsumsi susu terhadap kesehatan. Seperti yang Sobat Sehat ketahui, sarapan adalah kegiatan yang sangat penting sebelum memulai aktivitas. Sebab, tanpa sarapan, hari-hari Sobat Sehat bisa menjadi lebih sulit.

5 Manfaat Minum Susu di Pagi Hari

Susu dikenal sebagai bahan pangan yang serba guna karena mudah dikonsumsi dan memiliki segudang manfaat. Manfaat-manfaat ini tentu saja datang dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Apalagi kebaikan susu ini bisa Sobat Sehat dapatkan ketika pagi hari.

Sebenarnya minum susu di malam hari atau pagi hari sama-sama akan memberikan manfaat. Namun, ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa akan lebih baik jika mengonsumsi susu saat pagi hari. Mengapa demikian? Berikut adalah beberapa manfaat minum susu di pagi hari:

1. Memberikan Energi yang Cukup

Susu merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh karena mempunyai kandungan karbohidrat, protein, dan lemak alami di dalamnya. Ketiga nutrisi tersebut merupakan sumber bahan bakar agar tubuh bisa beraktivitas dengan baik.

Selain itu, terdapat vitamin B, magnesium, dan asam lemak dalam susu yang penting dalam proses pembentukan energi. Oleh karena itu, dengan minum susu, Sobat Sehat bisa beraktivitas dengan tubuh yang fit dan semangat.

2. Menjaga Imun Tubuh

Berdasarkan Journal Food & Function, protein dalam susu bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh pada anak-anak. Tidak hanya itu saja, kandungan protein, vitamin, dan mineral juga membantu dalam memperkuat sistem imun.

Inilah alasan mengapa Sobat Sehat disarankan untuk minum susu setiap hari, yaitu agar tidak mudah terserang penyakit.

3. Mendukung Pertumbuhan Tulang

Manfaat minum susu di pagi hari yang paling utama selanjutnya adalah bagus untuk kesehatan tulang dan gigi. Hal ini karena susu sangat tinggi akan protein, vitamin, serta mineral seperti kalsium dan kalium.

Kalium membantu agar kalsium bisa terserap oleh tubuh dengan baik. Sedangkan kalsium mempunyai peran yang esensial dalam memperkuat struktur tulang dan gigi ketika masa pertumbuhan. Selain itu, kalsium dapat mencegah pengeroposan tulang secara dini (osteoporosis).

4. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Kebutuhan nutrisi tubuh setiap hari ini bermacam-macam, mulai dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat. Hampir sebagian besar kandungan tersebut dapat Sobat Sehat temukan dalam susu.

Tidak hanya kebutuhan gizi, minum susu juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang sangat diperlukan. Cairan sangatlah penting karena membantu dalam proses pencernaan dan mencegah agar Sobat Sehat tidak dehidrasi.

5. Memelihara Kesehatan dan Fungsi Organ Tubuh

Manfaat minum susu di pagi hari yang terakhir adalah membantu dalam memelihara fungsi dan kesehatan organ tubuh, seperti otak, saraf, tulang, otot, dan lain sebagainya. Protein dan lemak adalah senyawa yang dipercaya dalam mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Alhasil, organ-organ tubuh bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

Melihat banyaknya kebaikan susu ketika dikonsumsi setiap hari, tak heran jika banyak orang tua yang menyajikan susu untuk pada menu sarapan. Oleh karena itu, selalu sedia susu di rumah merupakan salah satu cara untuk menjalankan hidup sehat.

Belanja susu ini bisa Sobat Sehat lakukan di Apotek K-24 terdekat. Apotek K-24 tidak hanya menyediakan obat, tetapi juga susu yang baik dan aman untuk kesehatan di Kecil serta Sobat Sehat semua. Sebab, Apotek K-24 hanya menyediakan produk-produk yang sesuai dengan standar BPOM dan Kemenkes RI.

Jadi, Sobat Sehat tidak perlu khawatir dengan keaslian produk di Apotek K-24. Yuk, belanja sehat dan bijak di Apotek K-24!