5 CARA MENAIKKAN TENSI DARAH DENGAN CEPAT DAN AMPUH REDAKAN PUSING

Sobat Sehat pernah tidak mengalami rasa pusing yang tak sembuh-sembuh walau sudah istirahat sekalipun? Hal ini mungkin menjadi tanda bahwa Sobat Sehat sedang mengalami tekanan darah rendah. Sebab, gejala yang sangat umum terjadi pada penderita tensi darah rendah adalah pusing kepala. Jika demikian bagaimana ya cara menaikkan tensi darah dengan cepat agar sakit kepala sembuh?

Ternyata tidak hanya tekanan darah tinggi saja yang menyebabkan rasa tidak nyaman tapi juga tensi darah yang rendah. Orang yang mengalami tekanan darah rendah biasanya mengalami beberapa gejala, seperti pusing, panas dingin, mual, dan tak sadarkan diri. Seseorang dikatakan mengalami tekanan darah rendah jika tensinya di bawah 90/60 mmHg.

Cara Menaikkan Tensi Darah dengan Cepat

Menurut laman Mayo Clinic, ada beberapa penyebab dari tekanan darah rendah (hipotensi), mulai dari kehamilan, masalah jantung, dehidrasi, kehilangan darah, infeksi berat, masalah tiroid, hingga kekurangan asupan nutrisi pada menu makan sehari-hari.

Walaupun hipotensi tidak seberbahaya tekanan darah tinggi (hipertensi) tapi masalah darah rendah bisa sangat mengganggu kegiatan rutin. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu melakukan beberapa hal agar tekanan darah bisa kembali ke angka normal, di antaranya:

Tambah Asupan Garam

Cara menaikkan tensi darah dengan cepat yang paling efektif adalah dengan menambah asupan garam dalam menu makan. Menurut seorang ahli jantung, Sonia Tolani, semakin tinggi konsumsi natrium dalam garam, maka akan semakin tinggi pula tekanan darah Sobat Sehat.

Jadi, daripada memilih makanan yang manis, Sobat Sehat bisa beralih pada makanan yang memiliki rasa asin. Namun, konsumsi garam yang berlebihan tetap tidak disarankan, ya.

Minum Air Putih dengan Cukup

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dehidrasi bisa menyebabkan tekanan darah rendah karena cairan tubuh tidak mencukupi sehingga tidak mampu meningkatkan volume darah. Artinya, jika mengalami darah rendah, Sobat Sehat harus  cepat-cepat minum air putih yang banyak. Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air, di mana sangat disarankan untuk minum 1,5-2 liter air putih.

Minum Segelas Kopi

Segelas kopi ternyata juga bisa menjadi cara menaikkan tensi darah dengan cepat yang cukup efektif, lho. Hal ini karena kafein di dalam kopi dapat menyebabkan kelenjar adrenal menghasilkan adrenalin sehingga tekanan darah meningkat.

Alhasil, peredaran darah akan berjalan normal dan tensi pun ikut kembali pada angka normal. Sayangnya, cara yang satu ini dianggap langkah dalam jangka pendek saja.

Konsumsi Makanan Tertentu

Bagi yang punya masalah tekanan darah rendahnya sering kambuh, mungkin Sobat Sehat bisa coba untuk mengonsumsi makanan tertentu. Contohnya saja daging merah (sapi/kambing), kismis, wortel, buah bit, sayur bayam, lemon, hati sapi, telur, dan legum.

Makanan-makanan tersebut bisa menjadi cara menaikkan tensi darah dengan cepat yang efektif karena mengandung zat besi dan folat. Kedua nutrisi ini sangat berperan penting dalam membentuk sel darah merah sehingga tekanan darah akan berada dalam angka normal.

Ubah Posisi secara Perlahan

Perubahan posisi yang tiba-tiba juga bisa menjadi penyebab turunnya tekanan darah dalam tubuh, seperti posisi duduk lalu berdiri. Oleh karena itu, saat Sobat Sehat ingin berdiri atau bangun dari posisi berbaring, sebaiknya lakukan secara perlahan, ya. Hal ini dapat mengurangi risiko sakit kepala yang terkadang muncul karena perubahan posisi yang cepat terjadi.

Nah, itu dia beberapa cara menaikkan tensi darah dengan cepat yang efektif dan bisa dilakukan di rumah. Oh iya, untuk memastikan kalau sakit kepala yang muncul akibat tekanan darah rendah, Sobat Sehat bisa mengeceknya dengan alat tensimeter, lho.

Alat kesehatan tensimeter ini bisa digunakan dengan mandiri tanpa harus ke rumah sakit atau klinik dokter. Sobat Sehat bisa mencarinya di Apotek K-24 terdekat. Sebab, selain mempunyai persediaan obat secara komplet, Apotek K-24 juga menyediakan berbagai alat kesehatan seperti tensimeter.