CIRI CIRI TEKANAN DARAH TINGGI, KENALI SEJAK DINI UNTUK CEGAH PENYAKIT JANTUNG

Selain diabetes dan kolesterol, ada masalah kesehatan yang kadang kala kurang disadari oleh masyarakat Indonesia, yaitu tekanan darah tinggi. Masalah darah tinggi yang sudah terlanjur berkembang bisa menimbulkan komplikasi yang lebih serius, lho. Jadi, lebih baik kenali ciri ciri tekanan darah tinggi sejak dini, ya, agar bisa melakukan tindakan pencegahan atau penanganan dengan tepat.

Tekanan darah tinggi ternyata menjadi sebuah gangguan kesehatan yang serius dan sering ditemui di seluruh negara di dunia, jadi bukan hanya Indonesia saja. Keadaan darah tinggi atau hipertensi ini sangat perlu diwaspadai karena banyak orang tidak terlalu menyadarinya. Sebab, jika berlangsung terus-menerus nanti bisa berdampak pada sistem kardiovaskular, seperti jantung.

Ciri ciri Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan kondisi ketika tekanan darah dalam arteri meninggi. Pada umumnya, ketika dicek tekanan darah akan berada pada angka 130/80 mmHg atau lebih. Hipertensi ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan penyakit ginjal, gagal jantung, hingga stroke.

Gangguan tekanan darah tinggi in bisa berkembang selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, mengetahui gejala tekanan darah tinggi sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa ciri ciri tekanan darah tinggi menurut Kementerian Kesehatan RI:

Sakit Kepala

Penderita hipertensi biasanya akan merasakan sakit kepala ketika tekanan darahnya tinggi. Hal ini sangat umum terjadi dan hampir terjadi pada sebagian besar penderita. Sakit kepala terjadi karena tekanan darah yang mengalir ini lebih tinggi dan masuk ke dalam pembuluh darah pada otak yang lebih kecil. Akibatnya, Sobat Sehat akan merasakan sakit kepala yang sifatnya berdenyut pada kepala.

Sesak Napas

Ketika tekanan darah meningkat, maka organ jantung juga akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Keadaan ini ternyata dapat menyebabkan bagian ventrikel kiri jantung menebal.

Menebalnya bagian ventrikel kiri jantung ini nantinya akan mengakibatkan sebuah keadaan yang dinamakan gagal jantung ringan. Di mana kondisi tersebut memunculkan beberapa gejala tertentu, salah satunya adalah sesak napas, batuk terus-menerus, dan badan lemas.

Pandangan Menjadi Kabur

Masalah penglihatan juga menjadi salah satu dari ciri ciri tekanan darah tinggi, lho. Tekanan darah yang tinggi dapat mempengaruhi pembuluh dara yang ada di area mata. Akibatnya adalah peradangan pada retina atau munculnya lapisan penglihatan di dalam mata.

Kondisi tersebut memang bisa menyebabkan pandangan menjadi kabur. Namun, Sobat Sehat harus ingat bahwa pandangan kabur juga bisa mengindikasikan masalah lainnya, seperti katarak atau glaukoma.

Perut Mual dan Muntah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol juga menyebabkan penderitanya merasakan perut mual dan perasaan ingin muntah. Namun, keadaan ini memiliki hubungan yang timbal balik. Maksudnya adalah orang yang sedang menahan rasa mual dan muntah secara tidak langsung juga bisa membuat tekanan darah meningkat.

Nyeri Dada

Ciri ciri tekanan darah tinggi yang selanjutnya adalah timbulnya rasa nyeri di bagian dada. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa merusak arteri dan menyebabkan kurang elastis. Arteri yang kurang elastis ini akan menurunkan aliran darah dan asupan oksigen yang masuk ke jantung.

Keadaan tersebut tentu bisa memicu penyakit jantung. Selain itu, penurunan aliran darah ke jantung ini akan menimbulkan nyeri dada yang biasanya dinamakan dengan angina pectoris.

Apabila Sobat Sehat sudah mengalami beberapa ciri ciri tekanan darah tinggi di atas, segera periksakan tekanan darah Sobat Sehat, ya. Sebab, dengan melakukan pemeriksaan ini, Sobat Sehat bisa mengetahui angka tepatnya dan berkonsultasi dengan ahli kesehatan.

Selain ke dokter dan rumah sakit, Sobat Sehat bisa melakukan cek tensi darah secara gratis ini di Apotek K-24 terdekat. Apotek K-24 menyediakan beberapa pelayanan kesehatan, seperti cek tensi darah, cek gula darah, cek kolesterol, dan juga cek kadar asam urat.

Jadi, jangan takut untuk cek kesehatan secara rutin karena bisa menjadi dasar untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.