PERGELANGAN KAKI TERKILIR, PENYEBAB DAN CARA MERAWATNYA HINGGA SEMBUH

Pergelangan kaki terkilir merupakan sebuah kondisi yang umum terjadi, apalagi jika Sobat Sehat sering berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Kendati demikian, cedera ini bisa sangat mengganggu karena menyebabkan rasa sakit. Bahkan, pada beberapa keadaan penderita kaki terkilir tidak bisa berjalan karena tidak kuat dalam menahan rasa sakit.

Kebanyakan kasus kaki terkilir atau keseleo sifatnya ringan dan bisa ditangani secara mandiri juga sembuh dengan sendirinya. Namun, tanpa penanganan yang tepat pun kaki keseleo dapat berakhir dalam kondisi yang lebih serius lagi. Sebab, kaki keseleo ini berhubungan erat dengan otot dan ligamen yang sangat penting dalam pergerakan kaki.

Penyebab Pergelangan Kaki Terkilir

Ligamen pergelangan kaki merupakan penghubung antar tulang pergelangan yang fungsinya adalah menjaga kestabilan posisi tulang dan sendi kaki. Pergelangan yang terkilir ini terjadi ketika ada peregangan dan robek pada ligamen tersebut.

Pergelangan kaki yang keseleo biasanya juga dikenal dengan cedera yang akan muncul ketika kaki bergerak melebihi batas gerakan normal. Kondisi ini rentan terjadi pada beberapa keadaan, contohnya:

  • Tersandung hingga jatuh sehingga posisi pergelangan kaki akan berputar.

  • Berjalan atau berlari di permukaan tanah yang tidak atau justru terlalu licin.

  • Terkena benturan akibat kecelakaan saat berkendara.

  • Kaki tidak sengaja terinjak oleh benda lain ketika bergerak.

Gejala Kaki Terkilir

Walaupun letak keluhan ada di dalam kaki, tapi pergelangan kaki terkilir juga menyebabkan gejala yang terlihat oleh mata. Berikut adalah beberapa gejala kaki terkilir yang perlu Sobat Sehat ketahui:

  • Rasa nyeri yang tak tertahankan di pergelangan kaki.

  • Memar atau perubahan warna merah pada kulit.

  • Pembengkakan di sekitar pergelangan kaki seperti mata kaki atau betis kaki.

  • Rasa nyeri dan panas saat pergelangan kaki disentuh.

  • Ketidakmampuan penderita untuk menggerakkan pergelangan kaki.

Selain itu, pergelangan kaki yang keseleo juga terdapat derajat keparahannya. Mulai dari derajat 1 atau ringan, derajat 2 yang disertai perubahan posisi sendi, dan derajat 3 di mana ada robekan parah.

Cara Mengatasi Pergelangan Kaki Terkilir

Dalam menangani kaki terkilir, Sobat Sehat bisa melakukannya secara mandiri dengan metode RICE. Namun, Sobat Sehat perlu tahu kalau perawatan ini hanya bisa dilakukan untuk kaki terkilir yang masih ringan saja. Berikut langkah-langkah dari metode RICE:

  • Rest, atau istirahatkan kaki dari aktivitas yang berat karena bisa menambah rasa nyeri dan bengkak.

  • Ice, mengompres kaki dengan es batu dan handuk. Mengompres dengan es batu bisa dilakukan selama 15-20 menit setiap 2 jam dalam sehari.

  • Compression, atau membalut pergelangan kaki dengan perban elastis agar pembengkakan bisa berkurang. Hal ini juga dapat mengurangi pergerakan dan bisa menopang pergelangan kaki.

  • Elevate, yang berarti Sobat Sehat bisa menaikkan pergelangan kaki terkilir lebih tinggi dari dada, terutama saat malam hari.

  • Minum obat paracetamol atau ibuprofen dari Apotek K-24 jika tidak tahan dengan rasa sakitnya

Dalam merawat pergelangan kaki ini, Sobat Sehat juga disarankan untuk tidak mandi dengan air panas terlebih dulu. Sebab, hal ini bisa membuat rasa sakit semakin parah.

Oh iya, untuk membebat kaki yang terkilir ini Sobat Sehat bisa menggunakan perban elastis atau ankle support yang bisa dibeli di Apotek K-24. Selain menawarkan obat, Apotek K-24 juga menyediakan berbagai alat kesehatan, khususnya alat yang berguna untuk merawat kaki keseleo ini.

Apabila rasa sakit akibat pergelangan kaki terkilir ini tidak segera sembuh, Sobat Sehat sebaiknya segera periksa ke rumah sakit atau klinik dokter terdekat, ya. Yuk, jaga kesehatan kaki bersama Apotek K-24, Komplit Obatnya dan 24 Jam Bukanya!