5 CARA MENGOBATI KAKI KESELEO AGAR CEPAT SEMBUH, JANGAN DISEPELEKAN!

Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, Sobat Sehat harus berhati-hati karena aktivitas fisik biasanya berakhir dengan cedera jika tidak berhati-hati. Salah satu contohnya adalah kaki keseleo atau kaki kram yang sangat umum terjadi. Jika sudah demikian, bagaimana ya cara mengobati kaki keseleo agar cepat sembuh?

Kaki adalah bagian tubuh yang sangat penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kaki juga menjadi bagian yang rentan terluka, apalagi jika Sobat Sehat sedang melakukan kegiatan fisik yang berat. Meskipun tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, kaki keseleo bisa menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Jadi, jangan disepelekan, ya.

Cara Mengobati Kaki Keseleo agar Cepat Sembuh

Kaki keseleo paling banyak terjadi di bagian pergelangan kaki atau lutut. Sebab, pada pergelangan kaki atau lutut ini terdapat sendi yang dapat menggerakkan kaki ke beberapa arah. Cedera pada bagian ini bisa mempunyai tingkat keparahan yang berbeda, mulai dari keseleo ringan, sedang, dan parah.

Walaupun bisa sembuh dengan sendirinya, tapi Sobat Sehat bisa memberikan pertolongan pertama pada cedera kaki, lho. Pertolongan ini nantinya juga bisa membantu perawatan dalam penyembuhan keseleo, lho. Nah, berikut adalah beberapa cara mengobati kaki keseleo agar cepat sembuh:

Istirahatkan Kaki yang Terkilir

Setelah mengalami keseleo, lebih baik penderita untuk mengistirahatkan kaki selama 2 sampai 3 hari. Selama waktu istirahat ini Sobat Sehat tetap boleh untuk beraktivitas kok tapi tidak boleh yang terlalu berat. Selain itu, penderita juga dilarang untuk berlari atau melompat. Oh iya, saat istirahat ini Sobat Sehat juga bisa menggunakan kruk atau penyangga kaki jika kesulitan untuk berjalan.

Kompres Kaki dengan Air Es

Pertolongan yang selanjutnya bisa dilakukan dengan mengompres dengan menggunakan air es. Air yang dingin ini berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan pada kaki keseleo. Lakukan pengompresan ini selama 15 menit sebanyak 3-4 kali sehari dan rutin dalam 3 hari pertama.

Posisikan Kaki yang Keseleo Lebih Tinggi dari Badan

Cara mengobati kaki keseleo agar cepat sembuh yang selanjutnya adalah dengan meninggikan kaki dari tubuh bagian atas. Langkah ini bisa membantu mengurangi pembengkakan dan memar. Sebab, dengan meninggikan posisi kaki ini, cairan dalam tubuh tidak akan mengalir dengan berlebihan ke area yang keseleo. Alhasil, pembengkakan akibat terkilir pun akan berkurang.

Balut Kaki dengan Perban

Dalam memberikan pertolongan pertama pada kaki keseleo, Sobat Sehat bisa membalut bagian yang terkilir menggunakan pembalut khusus. Pembalutan ini bisa dilakukan selama 2-3 hari dan bertujuan untuk membantu sendi beristirahat dan meredakan pembengkakan.

Membalut kaki keseleo bisa menggunakan pembalut elastis atau alat pelindung khusus. Beberapa jenis alat kesehatan ini dapat Sobat Sehat beli melalui Apotek K-24, ya. Sebab, selain komplit obatnya, Apotek K-24 juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

Hindari yang Hal yang Memicu Pembengkakan

Menghindari hal-hal yang memperparah pembengkakan juga menjadi salah satu cara mengobati kaki keseleo agar cepat sembuh. Oleh karena itu, Sobat Sehat disarankan untuk tidak mandi panas, minum minuman beralkohol, berlari, dan menekan-nekan bagian yang keseleo.

Nah, itu dia beberapa pertolongan yang bisa Sobat Sehat lakukan ketika mengalami kaki terkilir atau keseleo. Selain dengan langkah-langkah di atas, Sobat Sehat juga bisa mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri jika rasa sakitnya tak tertahankan.

Kaki keseleo ini pasti sembuh karena bukan masalah kesehatan yang parah. Namun, apabila rasa sakit masih terasa sampai berminggu-minggu, sebaiknya Sobat Sehat segera periksakan ke dokter, ya. Demikian ulasan tentang cara mengobati kaki keseleo agar cepat sembuh, semoga bermanfaat!