MINYAK IKAN UNTUK ANAK, APA SAJA MANFAATNYA BAGI KESEHATAN TUBUH?

Banyak orang tua yang memilih untuk memberikan minyak ikan kepada buah hatinya agar tumbuh dan kembangnya sempurna. Namun, pemberian minyak ikan untuk anak ini ternyata perlu berhati-hati karena harus memperhatikan cara makannya. Jika demikian, pemberian minyak ikan kepada anak sebenarnya bagus untuk kesehatan atau tidak?

Minyak ikan digadang-gadang dapat membantu anak dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari. Bahkan, selain memberikan asupan nutrisi, minyak ikan juga memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, tidak semua orang mampu untuk membeli minyak ikan untuk diberikan kepada anak, lalu sebenarnya apa saja manfaat minyak ikan yang sebenarnya.

Apakah Konsumsi Minyak Ikan untuk Anak Baik untuk Kesehatan?

Minyak ikan merupakan suplemen nutrisi tambahan yang biasanya berbentuk kapsul dengan warna bening. Pada umumnya, minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, sebuah nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh.

Lemak omega-3 sendiri biasanya bisa Sobat Sehat temukan dalam ikan tuna, salmon, kerapu, tongkol, makarel, dan kembung. Jenis omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan adalah eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA).

Melihat penjelasan tersebut dapat dilihat bahwa memberikan minyak ikan pada anak ternyata baik untuk kesehatan, asal memperhatikan takaran dan cara mengonsumsinya. Selain itu, minyak ikan untuk anak memberikan banyak manfaat, yaitu:

  • Membantu proses pembentukan otak anak sejak dini.

  • Mengurangi risiko anak terkena penyakit pernapasan seperti asma.

  • Mendukung kemampuan berpikir dan daya belajar anak.

  • Meningkatkan daya konsentrasi anak.

  • Mengurangi risiko penyakit diabetes pada anak

  • Mencegah depresi dan gangguan kecemasan.

Asam lemak omega-3 memang paling banyak ditemukan pada beberapa ikan laut. Namun, jenis lemak ini juga bisa didapatkan dalam bahan pangan lainnya, seperti telur, susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lemak omega-3 ini Sobat Sehat tinggal memberikan makanan bergizi seimbang.

Tips Memberikan Minyak Ikan

Sobat Sehat sebagai orang tua sebenarnya jangan memberikan minyak ikan untuk anak dengan cara dipaksakan. Sebab, suplemen minyak ikan kebanyakan berbentuk kapsul bening yang terkadang sulit untuk dikonsumsi.

Hal itu tentu bisa meningkatkan risiko tersedak pada anak sehingga minyak ikan bukan justru masuk ke dalam pencernaan tapi malah ke dalam sistem pernapasan. Cara makan minyak ikan yang salah ini dapat memicu aspirasi, sebuah penyakit berbahaya jika diabaikan begitu saja.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips agar anak bisa mengonsumsi minyak ikan dengan baik:

  • Cari minyak ikan yang berbentuk tablet kunyah agar mudah untuk dikonsumsi.

  • Jika ada, pilih minyak ikan dengan rasa yang menarik, seperti jeruk, lemon, dan lain sebagainya.

  • Campurkan minyak ikan pada makanan kesukaan anak.

Rekomendasi Minyak Ikan yang Aman

Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak, banyak jenis minyak ikan untuk anak yang bisa Sobat Sehat dapatkan di Apotek K-24. Berikut beberapa produk minyak ikan yang aman untuk anak:

  • Curcuma Plus Grow Emulsion

  • Fishqua Kampus Anak

  • Cerebrofort Marine Gummy

  • Folilac Soft Kapsul

Sobat Sehat perlu tahu bahwa Apotek K-24 sedang memberikan promo potongan harga sebesar Rp3.700,00 untuk produk Curcuma Plus Grow Emulsion. Promo ini hanya berlaku pada periode 1-31 Januari 2024.

Jadi, bagi Sobat sehat yang ingin memberikan minyak ikan untuk anak, Sobat Sehat bisa segera mendatangi Apotek K-24 terdekat. Demikian ulasan tentang minyak ikan, manfaatnya, dan cara mengonsumsinya, semoga bermanfaat!