5 KHASIAT SUSU KAMBING ETAWA, COCOK JADI PENGGANTI SUSU SAPI

Keberadaan susu kambing ternyata tidak kalah dengan susu sapi yang umum di masyarakat. Ada yang menyebutkan bahwa kandungan protein susu kambing etawa ini lebih tinggi daripada susu sapi yang membuat khasiat susu kambing etawa tidak boleh dilewatkan. Wah kira-kira apa saja manfaat dari susu kambing etawa yang patut dipertimbangkan?

Susu kambing etawa adalah susu yang berasal dari kambing berjenis Jamunapari dan Jamnapari. Sebagai salah satu penghasil susu yang sangat bermanfaat, kambing etawa banyak dipelihara untuk diperah atau diambil dagingnya. Satu gelas susu kambing etawa mengandung banyak nutrisi, seperti 9 gram protein, 5 gram lemak, 200 mg kalsium, 160 mg fosfor, 5 mg zat besi, dan lain sebagainya.

Khasiat Susu Kambing Etawa

Selain beberapa nutrisi di atas, susu kambing etawa juga mengandung beberapa vitamin, yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, dan vitamin C. Kandungan nutrisi yang sangat beragam inilah yang membuat susu kambing etawa memberikan banyak khasiat.

Sayangnya, masih banyak orang yang sanksi untuk minum susu kambing etawa. Sebab, banyak yang beranggapan bahwa susu kambing ini nantinya akan beraroma tidak sedap atau sering disebut dengan prengus. Oleh karenanya masih banyak orang yang lebih suka mengonsumsi susu sapi.

Namun, Sobat Sehat perlu tahu beberapa khasiat susu kambing etawa, di antaranya:

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa susu kambing etawa bisa meningkatkan produksi imunoglobulin dalam tubuh. Immunoglobulin sendiri merupakan protein yang diproduksi sel imun untuk melawan bakteri, virus, jamur, dan penyebab penyakit lainnya.

Maka dari itu, minum susu kambing etawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Alhasil, tubuh Sobat Sehat tidak akan mudah terkena penyakit infeksi.

Meningkatkan Fungsi Sistem Pencernaan

Susu kambing etawa ternyata mudah dicerna oleh tubuh daripada susu sapi, lho. Bahkan, dalam fungsinya, susu kambing etawa dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Hal ini karena terdapat prebiotik dalam susu kambing berjumlah lebih banyak. Selain itu, jenis prebiotik dalam susu kambing etawa sama dengan yang ada di dalam ASI.

Mendukung Pertumbuhan Tulang

Khasiat susu kambing etawa yang selanjutnya adalah mendukung pertumbuhan tulang. Susu kambing etawa kaya akan nutrisi kalsium dan fosfor, di mana kedua mineral ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor ini dibutuhkan oleh anak-anak agar bisa tumbuh tinggi, sedangkan orang tua membutuhkannya untuk mencegah penyakit osteoporosis.

Menjaga Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sobat Sehat perlu tahu bahwa kandungan lemak jenuh dalam susu kambing etawa lebih rendah daripada susu sapi. Oleh karena itu, susu kambing etawa bisa menjadi susu pilihan bagi orang-orang penderita kolesterol tinggi. Oh iya, fakta menariknya, dengan minum susu kambing etawa, Sobat Sehat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Aman untuk Penderita Penyakit Lambung

Ada khasiat susu kambing etawa yang baik bagi Sobat Sehat penderita penyakit lambung, seperti asam lambung, tukak lambung, maag, dan lain-lain. Sebuah studi mengungkapkan bahwa minum susu kambing tidak akan meningkatkan asam lambung. Jadi, susu kambing tidak akan melukai lambung justru bisa mencegah munculnya luka-luka di lambung.

Melihat manfaat susu kambing yang begitu beragam, tidak ada salahnya jika Sobat Sehat mencoba untuk merasakannya. Sebab, susu kambing bisa menjadi alternatif pengganti susu sapi yang tidak kalah khasiatnya.

Mungkin mengonsumsi susu kambing murni bisa membuat Sobat Sehat tidak tahan dengan aroma amisnya. Namun, Sobat Sehat bisa mencoba susu kambing Etawalin yang ada di Apotek K-24, lho. Pada periode 1-31 Januari 2024 ini ada promo potongan harga sebesar Rp 5000,00 rupiah untuk susu kambing Etawalin sehingga Sobat Sehat bisa mencobanya.

Nah, itu dia beberapa khasiat susu kambing etawa yang perlu Sobat Sehat ketahui. Jangan sampai melewatkan susu kambing etawa yang penuh akan manfaat untuk kesehatan ini, ya!