5 CARA CEPAT HENTIKAN DIARE ANAK, SIAP-SIAP OBAT AGAR GANGGUAN HILANG SEPENUHNYA!

Diare pada anak membuat mereka lebih rewel dan tidak nyaman dengan aktivitas sehari-hari. Sebab, diare memaksa anak harus ke kamar mandi berulang kali untuk buang air besar. Selain itu, anak juga akan merasakan sakit perut, nafsu makan berkurang, demam, tubuh lemas, dan cemas. Oleh karena itu, cara cepat hentikan diare anak sangat diperlukan Sobat Sehat sebagai orang tua.

Diare adalah gangguan di mana penderitanya mengalami peningkatan frekuensi BAB dengan feses yang bersifat cair. Umumnya, diare disebabkan karena adanya infeksi kuman yang masuk akibat konsumsi makanan. Oleh karena itu, anak-anak lebih rentan terkena diare daripada orang dewasa karena mereka masih belum mampu hidup bersih dengan maksimal.

Cara Cepat Hentikan Diare Anak

Jika ditangani dengan tepat, diare bukanlah penyakit yang berbahaya. Namun, bila dibiarkan begitu saja, diare dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius seperti dehidrasi, bibir kering, mual, kehausan, urine yang lebih pekat, dan lain sebagainya.

Sobat Sehat juga perlu tahu bahwa dehidrasi pada anak ini sangatlah berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, ketika anak mengalami diare, sebaiknya segera lakukan penanganan yang tepat, caranya adalah:

Berikan Air Putih Lebih Banyak

Salah satu cara cepat hentikan diare anak yang pertama harus dilakukan adalah memberikan anak asupan air putih yang banyak. Dengan banyak minum air putih, tubuh anak akan terhidrasi sehingga diare akan sembuh dengan cepat. Jadi, memberikan banyak air putih ini juga akan menghindari terjadinya dehidrasi saat diare.

Kurangi Asupan Jus Buah

Pada keadaan normal, jus buah mungkin menjadi minuman yang menyehatkan. Namun, minum jus buah saat diare justru akan memperparah diare dan membuat penyakit berlangsung lebih lama. Sebab, fungsi utama dari buah dalam kehidupan sehari-hari adalah memperlancar BAB. Oleh karena itu, sebaiknya batasi asupan jus buah pada anak jika sedang mengalami diare.

Perbanyak Makanan yang Mengandung Lemak dan Serat

Memperbanyak makanan yang mengandung lemak sehat dan serat juga bisa menjadi cara cepat hentikan diare anak. Ada beberapa sumber lemak yang bagus untuk kesehatan, seperti telur, ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan berbagai seafood. Proses pencernaan lemak biasanya berlangsung cukup lama sehingga dapat mengurangi frekuensi BAB sedikit demi sedikit.

Gunakan Metode Diet BRAT

Dalam mengatasi diare pada anak, Sobat Sehat bisa memberikan diet sehat dengan metode BRAT, lho. Metode yang satu ini singkatan dari banana (pisang), rice, (nasi), applesauce (saus apel), dan toast (roti panggang).

Jenis makanan-makanan ini terbilang lebih hambar sehingga tidak akan mengganggu perut yang sensitif saat sedang diare. Apabila anak sudah semakin membaik dari penyakit diare, maka Sobat Sehat bisa memberikan makanan seperti biasa lagi.

Berikan Obat Diare Anak

Cara cepat hentikan diare anak yang terbilang sangat efektif adalah memberikan obat diare khusus untuk anak. Memberikan obat diare ini sebenarnya tidak hanya bertujuan untuk menghentikan buang air besar (BAB) saja tapi juga mengembalikan cairan tubuh.

Ada beberapa obat diare anak yang bisa Sobat Sehat gunakan dengan aman di Apotek K-24, yaitu:

  • Oralit

  • Guanistrep Sirup Suspensi

  • Diapet Anak

  • Lacto B Sachet

  • Zinkid Zinc

  • Kaotin Sirup

  • Orezinc Sirup

  • Entrostop Herbal Anak

  • Interlac Tablet Kunyah (Rasa Strawberry)

Membeli obat diare anak di atas Sobat Sehat bisa mendatangi Apotek K-24 terdekat atau melalui apotek online-nya di aplikasi K24Klik. Nah, itu dia beberapa cara cepat hentikan diare anak yang aman dan efektif. Yuk, jaga kesehatan anak bersama Apotek K-24 yang Komplit Obatnya dan 24 Jam Bukany