APAKAH KACANG MENYEBABKAN JERAWAT? JANGAN TAKUT DULU, CEK FAKTANYA!

Banyak orang yang beralasan, “Ih nggak mau, nanti bisa bikin jerawatan,” ketika mereka ditawari makan makanan kacang seperti kacang tanah, kacang hijau, atau kacang lainnya. Alasan ini mungkin sudah biasa Sobat Sehat dengar, baik dari anak remaja atau orang dewasa sekalipun. Lalu apakah kacang menyebabkan jerawat atau anggapan ini hanyalah mitos semata?

Jerawat adalah masalah kulit yang sering ditakuti oleh semua orang, entah laki-laki, perempuan, anak muda, orang tua, dan kelompok lainnya. Sebab, munculnya jerawat pada kulit wajah terkadang bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Meskipun tidak membahayakan kesehatan tapi banyak orang menaruh perhatian lebih pada kehadiran jerawat pada kulit.

Apakah Kacang Menyebabkan Jerawat?

Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha untuk melakukan berbagai hal yang bisa mencegahnya munculnya jerawat. Salah satunya adalah tidak makan makanan dari kacang sekalipun karena kacang dianggap menjadi penyebab dari munculnya masalah jerawat.

Pada dasarnya, jerawat pada kulit wajah muncul karena pori-pori kulit tersumbat oleh debu, minyak, kotoran, sel kulit mati, atau adanya infeksi bakteri. Nah, akibatnya kulit akan meradang dan timbul bintik berwarna hitam, putih, atau kemerahan. Inilah yang dinamakan oleh jerawat wajah.

Masalah kulit jerawat ini sebenarnya bisa muncul di bagian tubuh mana saja, tapi paling sering timbul di dahi atau pipi. Jika demikian, apakah kacang menyebabkan jerawat?

Kacang memang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi tapi lemak ini bersifat baik untuk kesehatan. Selain itu, lemak pada kacang tidak akan langsung menumpuk pada kulit dan menyebabkan jerawat.

Sebuah riset dari American Academy of Dermatology juga menyatakan bahwa kacang tidak akan menyebabkan jerawat. Sebaliknya, kacang justru mempunyai kandungan antioksidan, selenium, dan vitamin E yang dapat melindungi sel serta menurunkan risiko infeksi penyebab jerawat.

Namun jika ingin mengonsumsi kacang dengan sehat, sebaiknya pilih kacang-kacangan yang diolah dengan cara dipanggang atau direbus. Sebab, kacang yang digoreng akan mengandung kadar lemak jenuh yang sangat tinggi.

Kebiasaan yang Menyebabkan dan Memperparah Jerawat

Melihat penjelasan di atas, sudah jelas jawaban dari apakah kacang menyebabkan jerawat ini hanya mitos belaka. Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informasi RI juga menyatakan bahwa penyebaran informasi ini salah atau hanya hoaks saja.

Ada beberapa kebiasaan lain yang justru dapat menyebabkan munculnya jerawat pada kulit wajah, di antaranya:

  • Konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula karena bisa meningkatkan insulin dan hormon androgen. Kondisi ini membuat peningkatan kelenjar minyak dalam tubuh.

  • Salah menggunakan kosmetik dan skincare yang tidak cocok dengan kondisi kulit.

  • Sering menyentuh kulit wajah dengan tangan yang kotor.

  • Jarang mencuci muka dengan sabun khusus pencuci wajah.

  • Kondisi stres yang ternyata juga merangsang produksi hormon androgen sehingga minyak tubuh akan berlebihan.

  • Sering memencet atau mengorek jerawat yang sudah ada pada kulit wajah.

Nah, itu dia penjelasan singkat dari apakah kacang menyebabkan jerawat. Jadi, makan kacang ini aman-aman saja, ya, karena tidak akan menimbulkan masalah jerawat.

Apabila sudah terlanjur muncul jerawat, maka Sobat Sehat cepat-cepat lakukan cara untuk mengatasi jerawat. Salah satunya adalah menjaga kulit agar selalu dalam keadaan bersih atau menggunakan obat jerawat paling ampuh di Apotek K-24.

Sebab, jika tidak ditangani dengan tepat, jerawat dapat menimbulkan bekas luka yang akan lama hilangnya. Jadi, jangan malas-malas untuk merawat kulit wajah, ya. Demikian ulasan tentang apakah kacang menyebabkan jerawat, semoga menjawab rasa penasaran Sobat Sehat semua.